Mengenal Ketua Umum PP ATPUSI (Pengurus Pusat Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia) Periode 2018 - 2022


Lurrr.... Kemarin sudah baca to artikel di blog ini tentang KPSI dan Kongres ATPUSI 2018 di Bogor Jawa Barat?
Naaah.... Dari kegiatan Kongres ATPUSI Ke-2 itu dihasilkan beberapa hal diantaranya amandemen AD/ART ATPUSI, Mekanisme Pemilihan Ketua Umum, Perencanaan Kegiatan dan Proker PP ATPUSI, dsb sebagaimana yang sudah Pustakawan Jogja tuliskan di ARTIKEL INI (KLIK), kongres tersebut juga telah berhasil memilih Ketua Umum PP ATPUSI untuk periode 2018 - 2022.

Daaan siapakah beliau yang terpilih menjadi Ketua Umum PP ATPUSI? Okee deh... Untuk itulah kali ini Pustakawan Jogja akan memberikan penjelasan kepada njenengan-njenenan semua tentang sosok luar biasa yang satu ini. Beliau adalaaaaaaaaaaaaaaaaaah..... Tet teret tereeeeeee....!!!!!!

Muhammad Ihsanudin, M. Hum.

Akrab dipanggil Pak Ihsan,  alumni Pondok Modern Gontor tahun 1992, sebuah pesantren yang sangat terkenal, apalagi setelah terbit novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi, yang ternyata adalah teman sekelas Pak Ihsan lhoooo..... Pak Ihsan melanjutkan Studi di IAIN Syarif Hidayatulah Jakarta dengan mengambil Jurusan Tarbiyah (Pendidikan), dilanjutkan dengan mengambil Program S2 Jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Indonesia.

Pak Ihsan kini bekerja di MAN Insan Cendekia Serpong sebagai guru Sejarah Kebudayaan Islam dan Kepala Perpustakaan sejak tahun 1999. Selain itu, Pak Ihsan aktif menjadi “konsultan” di bidang pengembangan perpustakaan, khususnya perpustakaan sekolah. Juga aktif menjadi asesor akreditasi perpustakaan sekolah, juga menjadi juri berbagai lomba perpustakaan sekolah di seluruh wilayah Indonesia.

Pada tahun 2009  Pak Ihsan didaulat penuh oleh peserta Konvensi Tenaga Perpustakaan Sekolah se-Indonesia sebagai Ketua Umum PP ATPUSI untuk masa kepengurusan hingga 2013. Kemudian untuk kedua kalinya beliau terpilih kembali menjadi Ketua Umum PP ATPUSI untuk periode 2014 - 2018 melalui Kongres 1 ATPUSI pada tanggal 5-6 Juni 2014 di di IPB Convention, Botani Square, Bogor, Jawa Barat.

Dan untuk ketiga kalinya, melalui Kongres ATPUSI ke-2 pada tanggal 22 - 24 November 2018 di Cico Resort, Bogor, Jawa Barat beliau terpilih kembali menjadi Ketua Umum PP ATPUSI untuk periode 2018 - 2022.





Selain di ATPUSI Pak Ihsan aktif menjadi Pengurus Pusat IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) di bidang pengabdian masyarakat dan pembudayaan minat baca. Pak Ihsan punya obsesi yang keras sekali untuk menyegarkan dunia perpustakaan sekolah yang sudah terpuruk selama 65 tahun. Dan berkat kerja keras beliau beserta seluruh pengurus ATPUSI baik di pusat maupun di daerah, serta berkat dukungan semua pihak, terutama seluruh Pustakawan dan Tenaga Perpustakaan sekolah di seluruh Indonesia, pelan tapi pasti kondisi dunia perpustakaan sekolah sudah mulai menunjukkan perbaikan. Seperti adanya SNP Perpustakaan Sekolah, PP No. 24 tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, adanya lomba pustakawan sekolah dan perpustakaan sekolah dari tingkat bawah hingga tingkat nasional, adanya akreditasi perpustakaan sekolah, dsb.

Tentu saja semua masih banyak kurangnya. Masih banyak PR tentang dunia perpustakaan sekolah di Indonesia yang harus kita rampungkan dengan sebaik-baiknya bersama-sama. Maka, mari.... Bersama Ketua Umum PP ATPUSI, bersama pengurus ATPUSI di seluruh Indonesia, serta bersama seluruh pustakawan dan tenaga perpustakaan di seluruh nusantara, kita perbaiki bersama kondisi dunia perpustakaan dan kepustakawan sekolah di negeri kita tercinta.

Merdeka!!!!

** O iya, jika ingin kenal lebih jauh tentang beliau Pak Ihsan ini, bisa lhoooo stalking2 ke akun FB beliau Ihsan Hasbie (https://www.facebook.com/ihsan.hasbie) Klik ^_^


Post a Comment

0 Comments