Upgrade SLiMS di Perpustakaan Cakrawala SD Negeri Warungboto Yogyakarta

Berfoto di depan Perpustakaan

Alhamdulillah, hari ini berkesempatan untuk jalan-jalan ke SD Negeri Warungboto Yogyakarta. Saya diminta oleh Kantor Arpusda (Arsip dan Perpustakaan Daerah) Kota Yogyakarta untuk meng-upgrade sistem otomasi perpustakaan yang ada di SD Negeri Warungboto tersebut. Sistem otomasi perpustakaan yang digunakan oleh perpustakaan SD Negeri Warungboto ini menggunakan sistem SLiMS (Senayan Library Management System) versi awal. Yaitu SLiMS Versi 3.0.9. Tampilannya masih sangat sederhana. Seperti ini tampilannya.

SLiMS yang lama

Dari pihak SD Negeri Warungboto meminta untuk di-upgrade untuk ke sistem yang lebih baru. Ahirnya saya upgrade ke SLiMS V.5 Full Costumize. Untuk apa? Selain untuk perbaharuan sistem, ini juga sebagai bagian dari persiapan Lomba Gugus Sekolah Dasar Kota Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2015 ini. Perpustakaan merupakan salah satu komponen yang akan dinilai, bahkan bisa dikatakan cukup penting dalam penilaian lomba ini. Maka, persiapan demi persiapan pun terus dilakukan, utamanya di bagian perpustakaan ini.

Alhamdulillah... yang cukup membahagiakan, Perpustakan Cakrawala SD Negeri Warungboto ini cukup bagus untuk tingkat perpustakaan SD Negeri. Bersih, rapi, sejuk, dan kesan "ceria" akan terasa kita begitu kita masuk ke perpustakaan ini. Rak koleksi tertata dengan baik, sehingga ruangan terkesan luas. Ini menandakan perpustakaan ini dikelola dengan cukup baik oleh pengelolanya. Siapakah dia? Beliau adalah Bapak Annas Hary Saputra, SEI, yang sudah sejak tahun 2008 mengelola perpustakaan ini. Langsung saja, seperti ini Perpustakan Cakrawala SD Negeri Warungboto. Cekidot...! ^_^



Tampilan SLiMS yang baru


Ruangan Perpustakaan, konsep lesehan.

Ada TV juga

Salah satu sisi dinding perpustakaan, unik dan bikin betah

Raknya penuh dengan tempelan2. Apik.

Koleksi referensi

Rak ditata di sisi ruangan, agar terkesan legaaaaaa ruangannya.

Rak koran

Koleksi serial

Koleksi serial

Ruangannya gelap? Bukan. Ini kameranya yg gak bagus ^_^
Rak Koleksi Digital

Salah satu sisi koleksi digital (CD/VCD/DVD)
Jam Buka Perpustakan

Ada tempelan seperti ini di setiap meja baca, unik. Bisa ditiru. ^_^
Meja Sirkulasi, sederhana nan multiguna.
Ini dia, Bpk Annas Hary Saputra, SEI. Pengelola Perpustakaan SDN Warungboto
Semoga bermanfaat. ^_^

Post a Comment

0 Comments