Wednesday, 22 November 2017

Jagongan Literasi GRATIS Bersama Pustakawan Berprestasi Nasional dari UGM..! Jangan Lewatkaaaaaaan..!


Nah. Ini dia mbakyu dan kang mas sekalian.. Yok ikutan Jagongan Literasi yang diadakan oleh Perpustakaan SD tumbuh 3 Yogyakarta.. Jagongan literasi yang mengambil tema "Literasi Informasi untuk Generasi Milenial" ini sangat menarik untuk diikuti lhooooo....

Why? Karena (selain GRATIS tentunyaaa.. Hehehehe...) Jagongan literasi ini menghadirkan narasumber kece dari UGM, yang memang sudah kondang sebagai masternya bidang Literasi Informasi... Siapa dia...? Yak betul.. beliau adalah Ibu Nur Cahyati Wahyuni, Pustakawan UGM yang menjadi Juara 1 Pustakawan Berprestasi Nasional tahun 2011 lalu. Dan yang mengantarkan beliau menjadi ke juara 1 tingkat nasional itu tak lain adalah karya ilmiah beliau tentang litetasi informasi ini. Lhoooo lak jozzz tenan to? Maka sayang sekali jika acara ini dilewatkan oleh teman-teman sekalian... ^_^

Naaah wes langsung saja yaaaa.. Pustakawan Jogja gak usah banyak cing cong maning... Jagongan literasi ini akan diadakan besok Sabtu (Pustakawan Jogja asline yo pengen melu acara iki.. tapi kok ngepasi besok Sabtu ada acara di Tegal, Jawa Tengah.. Duh...) tanggal 25 November 2017. Jam 09.00 - 11.00 WIB. Di mana lokasi acaranya? Tuh... di Perpustakaan SD Tumbuh 3 (komplek Univ. Widya Mataram, nDalem Mngkubumen KT III/237 Yogyakarta).

O iya, acara ini terbatas untuk 30 orang saja lho yaaaa... jadi segera daftar... Gimana cara daftarnya? Wes lihat di brosur di bawah ini.... ^_^



Semoga bermanfaat yaaaa.....

Tuesday, 21 November 2017

Lowongan Pustakawan (D3/S1/S2) di Universitas Mercu Buana Yogyakarta


Haloooo haloooo... Sugeng enjang kang mas dan mbak yuuuu.... Niiiih diaaa... Info nyusssss buat njenengan-njenengan sedanten...

INFORMASI LOWONGAN PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI YOGYAKARTA

Universitas Mercu Buana Yogyakarta membutuhkan staff perpustakaan dengan kualifiksi sebagai berikut ini :

  1. Pria / Wanita usia max. 27 tahun
  2. Pendidikan min. D3 Perpustakaan
  3. Memiliki pengalaman di bidang yang sama diutamakan
  4. Bertanggungjawab terhadap pekerjaan
  5. Dapat bekerja secara tim / individu
  6. Disiplin dan bertanggungjawab
Apabila berminat dapat kirimkan surat lamaran disertai :
CV, fotokopi ijazah, transkip nilai dan foto 3×4

kirim ke alamat :

Bagian SDM Universitas Mercu Buana Yogyakarta 

Jl. Wates KM. 10 Yogyakarta

Lamaran diterima paling lambat 26 November 2017

Yok segera sajaa yaaaaa... ^_^

Sunday, 19 November 2017

Hari Ahad Tetep Produktif Lurr....! Ngecap-ngecap Buku Kanggo TBM Baca Semesta. Matur Nuwun Yang Sudah Pada Nyumbang Buku 😁


Nah lur... Piye? Hari Ahad ada agenda ke mana nih?? Nek saya di rumah aja..  Padahal tadinya mau jalan-jalan ke Sunmor UGM. Eh.. malahan esuk-esuk wes udan deres banget. Jadilah akhirnya stay at home saja. 

Eits..! But don't wrong... Tapi jangan salah... Biarpun di rumah tidak hanya glundang glundung lho.. Tetep ada kegiatan produktif. Apa itu? Yak betul...! Ngecap-ngecap buku lur.. Buku-buku yang akan kami gunakan untuk koleksi TBM Baca Semesta nantinya.

Seperti yg Pustakawan Jogja tulis di dua artikel sebelumnya (coba deh buka lagi artikel-artikel yang lalu ) bahwa Pustakawan Jogja mulai merintis sebuah perpustakaan untuk masyarakat.. Eh, lebih tepatnya embrio perpustakaan... Yang nantinya insyaa Allah akan kami berikan nama TBM Baca Semesta. Dan Alhamdulillah meskipun belum sepenuhnya dilaunching (karena masih dalam penyiapan-penyiapan; koleksi, rak, dsb) sudah mulai banyak dukungan dari teman-teman.. Kemarin SMA Muhi Jogja memberikan 2 paket majalah Kuntum dan Majalah Mentari yang masih griissss kinyis-kinyis... Dan beberapa teman yang saya japri juga memberikan sumbangan buku-buku... Ada yang baru... Ada juga buku-buku yang tidak begitu baru  tapi masih sangat layak baca. Waaaah.. matur nuwun sanget...! ^_^

Dan hari Ahad ini.. Pustakawan Jogja mulai melakukan pengecapan (stempelisasi) pada buku-buku tersebut. Untuk nantinya biar segera bisa diinventarisasi, sembari ini sedang mau bikin rak untuk buku-buku tersebut. Yaaaaah.... Pelan-pelan lur.. alon-alon waton kelakon...

Doakan nggeh semoga TBM Baca Semesta ini segera bisa dilaunching dan membawa manfaat bagi masyarakat.. khususnya di daerah kami di lereng pegunungan Menoreh ini. O iya... Di sini sedang panen duren lhoooo.. Monggo yang mau dolan ke TBM Baca Semesta sembari ber-hunting durian. Hehehhee....



Perpustakaan Umum Tianjin..! The Most Nge-Hits Library In The World Of The Year. 1,2 Juta Buku, Plus Desain Futuristik Yang Bikin Ngowoh...!!!



Juoooossss tenan pak deeeee.... Ini dia.. Perpustakaan Umum Tianjin. Perpustakaan yang ahir-ahir ini sedang menjadi perbincangan hangat di dunia. Why???

Lihat saja kang brooo.. Betapa Juoossss dan futuristiknya perpustakaan ini. Yup betulll...! Perpustakaan yang berada di Tianjin Binhai, China ini memiliki desain interior maupun eksterior yang bikin kita ter-ngowoh-ngowoh. Diresmikan bulan lalu (Oktober), Tianjin Public Library ini sukses menyedot perhatian dunia...! Bagaimana tidak... Perpustakaan Tianjin Binhai yang memiliki lima lantai ini memiliki desain yang menakjubkan. Dengan luas lebih dari 36.000 kaki persegi (sekitar 10.972,8 meter persegi), dan juga memiliki auditorium yang super besaaaaar dan menakjubkan dengan rak buku dari lantai ke langit-langit, Yang mana rak buku ini berisi hingga 1,2 juta buku!!

Ketika kita masuk ke Perpustakaan Tianjin ini, kita akan melihat sebuah mahakarya desain yang luar biasa. Perpustakaan seakan disangga oleh struktur bola raksasa di tengah ruang. Dengan rak buku sekitarnya yang berbentuk kurva (melengkung) dan terlihat seperti ombak (bergelombang) mengelilingi bola, dari lantai sampai ke langit-langit. Yang seakan-akan memberikan kesan kepada setiap pemustaka yang datang, bahwa mereka berjalan di dalam sebuah mata, ssebagai mana julukan perpustakaan tersebut, "The Eye of Binhai." (Mata dari Binhai)

Selain ruang utama yang berbentuk mata yang menampung jutaan buku tadi.. Perpustakaan ini juga memiliki ruang-ruang lain lho gaesss... Bangunan lima lantai ini juga memiliki ruang multimedia. Lantai pertama dan kedua sebagai ruang baca, sedangkan area lounge dan ruang pertemuan, dan kantor dapat kita temukan di tingkat paling atas. Perpustakaan juga menawarkan dua teras di puncak gedung. Wessss... bayangno wae piye apike lur... hahahahaa...

Wes ora suwe-suwe... Ini dia foto-fotonyaaaa...!!! Top markotop pokoke... 









Nih lihat videonya di sini lurrrr....! Jozzzz...!


**
Sumber artikel dan gambar (klik) : Newsweek.com

Saturday, 18 November 2017

Alhamdulillah... TBM Baca Semesta Dapat Donasi Majalah Kuntum Dari Perpustakaan SMA Muhi Jogja


Alhamdulillah... walaupun belum resmi dilaunching... TBM Baca Semesta sudah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta kemarin (16 Nov 2017) memberikan sumbangan 1 paket majalah kuntum dan 1 paket majalah mentari. Masih dalam kondisi grissss kinyis kinyis dari beberapa edisi. Mulai dari edisi Mei 2017 hingga edisi terbaru November 2017. Masing-masing edisi sebanyak 5 eksemplar... Alhamdulillah....


Terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung TBM Baca Semesta. Semoga kita bisa berkembang bersama, memajukan literasi, men-jayakan negeri...!

Lowongan Pustakawan (S1) di SMA Negeri 1 Karas, Magetan, Jawa Timur


Nah ini diaaaa kang mas dan mbak yu sekaliann... dari tlatah Jawa Timuran lagi rek...! Nih ada informasi lowongan pustakawan sekolah di Magetan Jawa Timur. Monggo simak informasinyaaa nggeeeeeh... ^_^

INFO LOWONGAN PUSTAKAWAN SEKOLAH

Dibutuhkan pustakawan sekolah untuk SMA Negeri 1 Karas Magetan Jawa Timur. Syarat :
  • Lulusan S1 Ilmu Perpustakaan
Jika berminat silahkan kirimkan lamaran, CV, dan dokumen pendukung lainnya ke :

SMA Negeri 1 Karas
Jl. Raya Karas - Kendal, Karas, Magetan, Jawa Timur
Telp. : (0351) 868800

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi :
  • Bu Puji : 0856-5570-7776
Naaaah ayok gek ndang dilamar lur...! ^_^

Sumber info : Rif'an Firhan Farzana tertanggal 18 November 2017 via status FB

Lowongan Pustakawan (D3/S1) di STDI (Sekolah Tinggi Dirosah Islamiyah) Imam Syafi'i Jember, Jawa Timur.


Haloooo selamat pagi gaessss.... Wah ini dia... ada lowongan Pustakawan lagi dari ujung pulau Jawa. Tepatnya di Kabupaten Jember Jawa Timur (Kabupatennya asal Pak Agus -ketua ATPUSI DIY- nih.... ^_^ hehehe...). Di mana itu? Yup betul, di salah satu sekolah tinggi Islam di sana, tepatnya di STDI (Sekolah Tinggi Dirosah Islamiyah) Imam Syafi'i Jember. Gimana informasinya? Monggo simak deeeeh...

INFORMASI LOWONGAN PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI

Dibutuhkan pustakawan di TDI (Sekolah Tinggi Dirosah Islamiyah) Imam Syafi'i Jember, dengan syarat :

  • Lulusan D3/S1 Ilmu Perpustakaan

Jika berminat silahkan kirimkan lamaran lengkap, CV, dan dokumen pendukung ke :

Imam STDI Syafi`i  Jember

  • Alamat: Jl. MH Thamrin Gg Kepodang No 5 Gladak Pakem Kranjingan Sumbersari, Kranjingan, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68123
  • Telp. :(0331) 326831, (0331) 4436 803, (0331) 4436 804, 0856 0491 2494
  • Web : http://stdiis.ac.id
  • Email : admin@stdiis.ac.id dan stdiimamsyafiijember@gmail.com

O iya, mungkin kang mas dan mbak yu belum familiar dengan STDI Imam Syafi'i Jember ini nggeh? Nih sedikit Pustakawan Jogja kasih gambarannya buat dulur-dulur sedanten.

Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi'i Jember atau STDIIS - JEMBER adalah perguruan tinggi Islam Swasta di Indonesia yang berada Jember. STDIIS ini didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Dirjen Pendis Kemenag RI: Dj.I/375/2010. Perguruan tinggi ini menawarkan dua program sarjana, Prodi S1 Ahwal Syakhsiyah (Gelar sarjana Fikih Islam) dan Prodi S1 Ilmu Hadits (Gelar sarjana Hadis). Kegiatan pembelajaran sepenuhnya dilakukan dengan Bahasa Arab. Sebagian besar kurikulumnya diadopsi dari Universitas Islam Madinah. STDI Imam Syafi'i juga menyediakan program pra-sarjana, dikenal sebagai I'dad Lughowy (Persiapan bahasa), bagi mahasiswa yang masih pemula dalam Pengetahuan Islam dan bahasa Arab. (lebih lanjut silahkan buka web STDI Imam Syafi'i Jember http://stdiis.ac.id )

Sumber informasi : 081977788241 tertanggal 16 November 2017 via kolom komentar artikel blog ini



Semoga bermanfaat nggeh... ^_^

Friday, 17 November 2017

Sukses Besar Brooo..!! Workshop Akreditasi Perpustakaan ATPUSI DIY Pecah Telorr..!! Peserta Puas Mendapatkan Ini....


Wah...! Keren tenan..! Workshop akreditasi perpustakaan yang diadakan ATPUSI DIY banjir bandang dengan peminat. Bahkan malam hari sebelum hari H, panitia masih menerima pertanyaan apakah masih ada kuota untuk acara workshop? Waduuuuh... tentu saja, panitia (dengan berat hati) mengatakan bahwa kuota sudah terpenuhi... *sedih

Dan alhamdulillah... Pada saat dilaksanakan, dari 42 peserta yang mendaftarkan diri, 97,5 % atau sebanyak 39 orang yang jadinya hadir..! Mantaaaf..!!! Dan tentu saja.. Dalam workshop ini, sangat sangat istimewa. Why?

Coz... Workshop ini langsung mendatangkan narasumber kondang yang tidak diragukan lagi kapasitas dan kapabilitasnya dalam dunia perpustakaan. Siapa beliau? Ya, beliau adalah Bapak Lasa Hs, dan Bapak Budiono (BPAD DIY). Tentu saja pembahasan dan penyampaian materi seputar akreditasi ini sangat mendalam dan akurat. Tentu saja hal ini karena beliau berdua merupakan pula asesor akreditasi perpustakaan. Naaaaah jozz to?

Selain itu, selain sesi materi... Peserta langsung pula mendapatkan panduan dari pustakawan maupun kepala perpustakaan yang sudah terakreditasi A. Langsung dibuat kelompok diskusi (FGD - Focus Group Discussion) sehingga peserta bisa mendapatkan cerita, arahan, sharing, dan tanya-tanya langsung dengan pustakawan/kepala perpustakaan yang perpustakaannya sudah terakreditasi A tadi.

Hanya itu? Oooo... tidak... Masih ada lagi... Selain itu semua tadi, ada point plus plus nya maning lho.... Apa itu? Tentu saja adalah tempat. Tempat diselenggarakannya workshop ini adalah di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi Lib Jogja) yang kita tahu perpustakaan ini adalah juara 1 nasional tahun 2016 lalu, yang tentu saja sudah terkareditasi A pula. Tentu saja peserta workshop bisa langsung melihat, seperti apa to sebenarnya perpustakaan yang telah ter-standar, terkareditasi A, dan juga juara nasional itu? Sehingga peserta memiliki gambaran lebih real untuk mempersiapkan perpustakaan mereka menuju akreditasi perpustakaan itu nantinya.

Naaaaaah... Mau lihat bagaimana TOP nya workshop ini? Monggo..... ^_^

Sesi pemaparan materi dari narasumber, Bpk Lasa Hs dan Bpk Budiono BPAD DIY



Sesi FGD (Focus Group Discussion)






Naaaah piye...? Manteeeeep tenan to? Nih Pustakawan Jogja kasih bonus foto salah satu sudut di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. O iya, insyaa Allah akan ada workshop akreditasi perpustakaan gelombang 2. Ditunggu aja nggeh.... ^_^



Baca juga :

Thursday, 16 November 2017

Tahukah Anda Hari-Hari Besar Perpustakaan Dalam Setahun? Ini Diaaaaa...



Nah ini dia gaesss... Informasi keren untuk kang mas dan mbak yu semua. Seringkali kita lupa atau bahkan bisa jadi kita tidak tahu hari-hari besar yang ada di dunia kita, dunia perpustakaan dan kepustakawanan. Biasanya, dengan adanya hari-hari khusus ini... Kita akan bisa melakukan beberapa event/kegiatan yang terkait dengannya untuk semakin menyemarakkan dan menghidupkan perpustakaan yang kita kelola.

Jadi tak hanya peminjaman, pengembalian, dan pengolahan buku saja kegiatan yang ada di perpustakaan kita. Tapi bisa beragam. Bisa seperti seminar... Lomba baca puisi, lomba bercerita, lomba fotografi, dsb tergantung pada event yg bertepatan di tanggal tersebut. Naaaaah... Mau tahu tanggal-tanggal penting apa saja dalam setahun untuk bidang perpustakaan ini? Simak nih pada gambar di bawah ini.... ^_^


O iya, ini ada tambahan lagi...  
  • 4 September : Hari Pelanggan
  • 28 September : Hari Hak Mendapatkan Informasi


Naaaah monggo dipun catet mawon... ^_^ 

Lowongan Guru-Pustakawan (S1 diutamakan) di Sekolah Tumbuh Yogyakarta



Sugeng Enjang dulur-dulur sedanten. Wes do tangi durung? ^_^ Iki lhooo.. Pustakawan Jogja esuk-esuk utuk-utuk wes oleh informasi lowongan kerja Pustakawan... Di mana itu? Yup!! Betul. Di Sekolah Tumbuh Yogyakarta.

Gimana informasi nya? Ini diaaaa.... monggo...

Lowongan Sekolah TUMBUH, Yogyakarta

Dibutuhkan segera:
  1. Teacher Librarian

Kualifikasi:
  • Diutamakan lulusan S1 jurusan perpustakaan
  • S1 semua jurusan dipersilakan
  • Berwawasan inklusi
  • Kreatif, dinamis, dan menyukai anak-anak
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Menguasai Ms Word dan Excel
  • Menyukai tantangan
  • Kemampuan bahasa Inggris (nilai tambah)

Kirim lamaran, CV, fotocopy ijasah/transkrip nilai, dan dokumen penunjang lainnya ke:
hr@sekolahtumbuh.sch.id

Atau ke:
HRM Sekolah Tumbuh
nDalemMangkubumen KT III/264, Yogyakarta

Naaaaah jelas to? Segera saja deh. Biar gak keduluan yang lain. Hehehehe.

Sumber informasi : Cintantyo Yosi Putri via Grup WA tertanggal 15 November 2017

Wednesday, 15 November 2017

UNDUH GRATIS..! Materi Seminar Pusdokinfo BSN - UIN Suka Yogyakarta. Silahkan Share!!


Wes lurrr... Ini dia... Menyambung artikel sebelumnya :


Ini Pustakawan Jogja tepati janji... tentang materi seminar tersebut... Yang tentunya Pustakawan Jogja yakin, sudah njenengan tunggu-tunggu sejak kemarin kan? Hehehehee...

Oke.. Seminar yang menghadirkan tiga narasumber yang luar biasa ini, yaitu :

  1. Y. Kristanto Widiwardono, M.IT. - Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi BSN
  2. Minannuddin, M.Hum. - Kepala Bidang Dokpus BSN
  3. Dr. Kuwat Tiyana - Dosen FMIPA UGM

(selengkapnya baca di sini : Perpustakaan UIN Suka Adakan Seminar Pusdokinfo GRATIS!) benar-benar bisa membuka cakrawala dan wawasan baru bagi pustakawan di dalam bidan yang bisa dikatakan sama sekali baru untuk mereka, yaitu bidang standardisasi dan pusdokinfo. Tak heran jika dalam hal ini, UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan kerjasama langsung dengan BSN (Badan Standardisasi Nasional).

Naaah tak perlu berlama-lama.. Silahkan unduh materi seminarnya di sini.. GRATIS TIS TIS...!
Naaah itu dia... Monggo... ^_^ Semoga bermanfaat nggehh...

Lowongan 2 Orang Pustakawan (S1) di Universitas Pamulang, Tangerang Selatan


Ini dia gaesss... amk nyusss tenan. Lagi-lagi ada info lowongan pustakawan. Dan ternyata tak hanya 1 orang, tapi langsung 2 orang pustakawan yang dibutuhkan...! Jozz..!

Gimana informasinya? Monggo... ^_^ S

INFO LOWONGAN PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI

Lowongan pustakawan di Universitas Pamulang (UNPAM) Tangerang Selatan
Perpustakaan UNPAM sedang membutuhkan pustakawan sebanyak 2 (dua) orang.
Dengan kriteria :

  • Lulusan S1 ilmu Perpustakaan.

Silahkan kirim lamaran dan CV lengkap serta dokumen pendukung lainnya via email :
lingga.setyadewi@ymail.com

Info tambahan :

Universitas Pamulang  

  • Address: Jl. Surya Kencana No. 1, Pamulang Barat, Pamulang, Pamulang Bar., Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15417
  • Phone: (021) 7412566
Sumber info : Lingga Setya Dewi tertanggal 15 November 2017

Mugi manfaat nggeeeeh.. Segera daftar yoooook... ^_^