Berhasil Terbit di Jurnal Inovasi dan Ilmu Perpustakaan (JIIP) Universitas Lampung (UNILA) - Pendekatan Desain Interior yang Holistik di Direktorat Perpustakaan UII


Menggabungkan Fungsi dan Estetika: Pendekatan Desain Interior yang Holistik di Direktorat Perpustakaan UII

Teguh Prasetyo Utomo
Universitas Islam Indonesia, Indonesia
e-mail: teguhprasetyo@uii.ac.id


Abstract: Interior design that combines function and aesthetics with a holistic approach is the key to creating an optimal and enjoyable library space. Harmony between function and aesthetics will create a motivating atmosphere, increase productivity, and encourage user interest in utilizing library facilities. This is what inspired the author to conduct this research with the aim of analyzing and describing an interior design approach that combines function and aesthetics holistically at the UII Library Directorate. This research was conducted using two methods, namely literature study and observation. This research produced various findings that are relevant to the implementation of holistic interior design that combines function and aesthetics in the UII Library Directorate. Well-organized spatial planning makes it easier to access library collections and facilities. The right use of aesthetic elements such as color, lighting, and materials creates a comfortable and attractive atmosphere. Through the implementation of 11 principles of holistic interior design, this library provides an inspiring learning environment and helps increase visitor comfort and satisfaction. The conclusion of this research shows that the implementation of holistic interior design that combines function and aesthetics at the UII Library Directorate has a positive impact on the library learning environment. Apart from that, it can be concluded that it is very important to apply a holistic interior design approach in library renewal to create a learning environment that is innovative and in line with the demands of the times, which motivates and inspires users to be active in learning and research and increases user satisfaction and comfort.


Keywords: interior design, library interior, holistic interior design


Abstrak: Desain interior yang menggabungkan fungsi dan estetika dengan pendekatan yang holistik menjadi kunci dalam menciptakan ruang perpustakaan yang optimal dan menyenangkan. Keharmonisan antara fungsi dan estetika akan menciptakan atmosfer yang memotivasi, meningkatkan produktivitas, dan mendorong minat pengguna dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Hal inilah yang kemudian menggugah penulis untuk melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk menganalisis dan menggambarkan pendekatan desain interior yang menggabungkan fungsi dan estetika secara holistik di Direktorat Perpustakaan UII. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu studi literatur dan observasi. Penelitian ini menghasilkan berbagai temuan yang relevan dengan implementasi desain interior holistik yang menggabungkan fungsi dan estetika di Direktorat Perpustakaan UII. Penataan ruang yang terorganisir dengan baik memudahkan akses ke koleksi dan fasilitas perpustakaan. Penggunaan elemen estetika seperti warna, pencahayaan, dan material yang tepat menciptakan suasana yang nyaman dan menarik. Melalui implementasi 11 prinsip desain interior holistik, perpustakaan ini memberikan lingkungan belajar yang inspiratif dan membantu meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi desain interior holistik yang menggabungkan fungsi dan estetika pada Direktorat Perpustakaan UII memberikan dampak positif terhadap lingkungan belajar perpustakaan. Selain itu dapat disimpulkan bahwa sangat penting untuk menerapkan pendekatan desain interior holistik dalam pembaruan perpustakaan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan sesuai dengan tuntutan zaman, yang memotivasi dan menginspirasi pengguna untuk aktif dalam belajar dan riset serta meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pengguna.


Kata kunci: desain interior, interior perpustakaan, desain interior holistik


Selengkapnya silahkan baca di sini:

Atau klik DI SINI


Post a Comment

0 Comments