Wednesday, 24 August 2022

LIBTALK - Silaturahmi Pengelola Perpustakaan se-DIY, Menghadirkan 2 Narasumber Keren Untuk Membahas Literasi dan Perpustakaan Digital.

 

Sabtu, 20 Agustus 2022 kemarin, rekan-rekan forum silaturrahmi pengelola perpustakaan se-DIY mengadakan kegiatan yang bertajuk LIB TALK. Dengan mengusung tema "Dengan semangat kemerdekaan kita melangkah menuju kemajuan literasi" ini menghadirkan 2 orang narasumber, yaitu Drs. Budiyono, SIP yang merupakan Pustakawan Ahli Utama Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY. Kemudian narasumber yang kedua adalah Teguh Prasetyo Utomo, S.I.Pust. yang merupakan Pustakawan Ahli Pertama Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.




Dalam pemaparannya, narasumber pertama yaitu Drs. Budiyono, SIP menyampaikan materi terkait Literasi dalam Merdeka Belajar. Yang dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa literasi merupakan satu hal yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Bahwa terdapat 6 jenis literasi yaitu : Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Finansial, Literasi Budaya dan Kewargaan. Yang mana kesemuanya itu tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Terlebih bagi kita yang berkarya sebagai pustakawan maupun pengelola perpustakaan yang sehari-hari berada di lingkungan bernuansa pendidikan.


Masih berkaitan dengan literasi, narasumber kedua, Teguh Prasetyo Utomo, S.I.Pust. memberikan pemaparan terkait Perpustakaan Digital. Perpustakaan digital di era saat ini sangat penting untuk diwujudkan di lingkungan institusi pendidikan di berbagai tingkatan, baik itu dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi. Bahkan untuk lingkup pendidikan informal maupun nonformal pun sangat perlu untuk membangun perpustakaan digital. Hal ini tak lepas dari tuntutan akan perkembangan teknologi digital yang ada saat ini. Dimana masyarakat menuntut kita untuk bisa mendapatkan akses informasi dan bahan bacaan secepat dan seefektif mungkin. Masyarat dengan mobilitas tinggi membutuhkan akses terhadap koleksi bahan pustaka yang bisa dengan mudah mereka dapatkan, dimanapun, kapanpun dan darimanapun. Perpustakaan digital adalah solusinya.

Dalam pemaparannya, Teguh Prasetyo Utomo, S.I.Pust. menyampaikan dengan cukup jelas terkait apa itu definisi perpustakaan digital, bagaimana membangunnya, serta bagaimana terkait isu hak cipta yang mengikutinya.




Di akhir acara dilakukan pemberian cenderamata dari panitia kepada narasumber serta dilakukan sesi foto bersama seluruh peserta, panitia dan narasumber.






O iya, kira-kira ada yang mau materi kegiatan ini tidak ya? Komen di bawah ya? Jika pada mau nanti kita share materi PPT nya. Thanks ^_^


Foto-foto by : Mas Arjun Naim (Pengelola Perpustakaan SMAN 1 Cangkringan, Sleman, DIY)

Post Comment

1 comment: