Kriteria dan Aspek Penilaian dalam Lomba Perpustakaan Sekolah. Apa Saja Itu...??



Kalau kemarin ada yang bertanya... Mas, dalam lomba perpustakaan, apa saja to yang dinilai itu??? Naaaah kali ini Pustakawan Jogja akan sedikit mengulas tentang apa-apa saja kriteria penilaian dalam lomba perpustakaan itu, yang dalam hal ini adalah yang dilaksanakan di Kota Yogyakarta. Karena bisa jadi, setiap daerah juga bisa berbeda cara penilaiannya, tergantung kebijakan daerah dan penyelenggara lomba itu sendiri. Tapi satu hal yang pasti, acuannya tetap pada Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Naaaah untuk yang di Kota Yogyakarta, beberapa waktu yang lalu Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Yogyakarta mengadakan lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMP/MTs Negeri/Swasta. Dalam lomba tersebut ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan oleh pihak Arpusda kepada perpustakaan peserta lomba itu. Terhitung ada 9 kriteria penilaian, yang mana kesembilan kriteria ini merupakan hasil penjabaran dari SNP 008:2011 tentang Perpustakaan SMP/MTs. Naaah sekarang mari kita lihat satu persatu yuk.....

Ada 9 pendekatan penilaian yang mana ini merupakan penjabaran dari SNP 008:2011 tentang Perpustakaan SMP/MTs. Kesembilan aspek itu adalah :
  1. Manajemen perpustakaan 
  2. SDM
  3. Gedung-ruang-sarpras
  4. Koleksi perpustakaan
  5. Pengorganisasian bp
  6. Layanan perpustakaan
  7. Anggaran
  8. Promosi
  9. Kerjasama

Kesembilan aspek ini akan dinilai dengan menggunakan skala penilaian 0-100. Hingga menghasilkan penjabaran sebagai berikut :
  • A (Baik) Perolehan nilai 76 -100 %
  • B (Sedang) Perolehan nilai 51-75 %
  • C (Rintisan) Perolehan nilai 0-50 %

Dari kesembilan aspek itu... Yok kita kupas satu per satu...
Naaaah monggo... Kang mas dan mbak yu.... silahkan siapkan kopi dan cemilan dulu... Biar gak ngantuk. Soale rodo njlimet ini nanti... tapi akan Pustakawan Jogja usahakan sampaikan dengan bahasa yang lugas, ringkas, dan jelas... Oke.... ^_^

Yang pertama, MANAJEMEN PERPUSTAKAAN. Yang dinilai dari aspek ini ada empat hal yaitu : (1) SK Pendirian, (2) Struktur Organisasi, (3) Program Kerja, dan (4) Laporan dan Statistik. Nilai maksimal adalah 100.

Kemudian yang kedua, SUMBER DAYA MANUSIA (SDM). Pada aspek SDM ini ada lima hal yang dinilai, yaitu : (1) Adanya Kepala Perpustakaan, (2) Pendidikan Kepala Perpustakaan, (3) Jumlah tenaga Perpustakaan, (4) Pendidikan Tenaga Perpustakaan, (5) Keanggotaan Pustakawan dalam Organisasi Profesi. Nilai maksimal untuk aspek SDM ini adalah 150.

Yang ketiga, GEDUNG, RUANG, SARANA, dan PRASARANA. Aspek yang ketiga ini dibagi menjadi empat hal yang dinilai, yaitu : (1) Luas gedung dan lokasi gedung, (2) Ketersediaan ruangan, (3) Unsur 5K, (4) Perabot. Untuk nilai pada aspek yang ketiga ini adalah maksimal 100.

Aspek yang keempat adalah KOLEKSI PERPUSTAKAAN. Aspek ini meliputi beberapa hal penilaian, yaitu : (1) Jumlah koleksi (paket, non paket, fiksi, referensi), (2) Jumlah Majalah, (3) Surat Kabar, (4) Audia Visual, (5) Koleksi Khusus, (6) Globe, (7) Peta, (8) Brosur, (9) Penambahan Koleksi Per-Tahun. Pada aspek ini diberikan nilai maksimal  150.

Aspek yang kelima adalah PENGORGANISASIAN dan PERAWATAN BAHAN PUSTAKA. Pada aspek ini, ada 9 hal yang akan dinilai, yaitu : (1) Alat Seleksi, (2) Proses Pengolahan, (3) Otomasi Perpustakaan, (4) Perlengkapan, (5) Perbaikan Koleksi Perpustakaan, (6) Weeding/Penyiangan bahan Pustaka, (7) Stock Opname, (8) Katalog, (9) Sumber Pengadaan. Nilai maksimal  150

Aspek selanjutnya, yaitu apsek keenam adalah LAYANAN PERPUSTAKAAN. Pada aspek ini, ada delapan hal yang dinilai, yaitu : (1) Jumlah jam buka, (2) Sistem Layanan, (3) Jumlah Pengunjung, (4) Jumlah Peminjam, (5) Judul Buku yang dipinjam, (6) Statistik, (7) Jenis Layanan, (8) Peran pustakawan dalam proses pembelajaran. Untuk aspek keenam ini nilai maksimalnya adalah 150.

Selanjutnya aspek ketujuh adalah aspek ANGGARAN. Pada aspek ini, ada tiga hal yang dinilai, yaitu : (1) Penyediaan Anggaran, (2) Sumber Anggaran, (3) Alokasi Anggaran. Nilai maksimal untuk aspek Anggaran ini adalah 100.

Aspek yang selanjutnya adalah aspek kedelapan, yaitu aspek PROMOSI PERPUSTAKAAN. Ada 3 hal yang dinilai, yaitu : (1) Jenis Promosi, (2) Pelaksanaan Promosi, (3) Kegiatan Pengembangan Minat Baca. Nilai maksimal untuk aspek yang kedelapan ini adalah 50.

Yang terahir yaitu aspek kesembilan, yaitu aspek KERJASAMA PERPUSTAKAAN. Dalam aspek kerjasama perpustakaan ini, ada dua hal yang dinilai, yaitu : (1) Mitra Kerjasama, (2) Bentuk Kerjasama. Nilai maksimal adalah 50.

Naaaah sudah jelaskan...? Dari itu semua, kita bisa memiliki gambaran, apa-apa saja yang harus kita persiapkan untuk maju dalam perlombaan perpustakaan sekolah, khususnya untuk tingkat SMP/MTs. Untuk rincian lebih lengkap dan jelasnya silahkan download SNP 008:2011 tentang Perpustakaan SMP/MTs. Kang mas dan mbak yu bisa mendownload SNP DI SINI. Oke???

Post a Comment

0 Comments