Sejarah Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca. Yukkk Kita Simak..!


Kang mas dan mbak yu semuaaa.... Sudah tahu belum? Bahwa bulan September merupakan bulan gemar membaca. Serta tanggal 14 September merupakan Hari Kunjung Perpustakaan.Waaaah... Jika belum tahu, sebagai pustakawan kok kebangetan tenan. ^_^

Naaah.. Untuk kali ini, yok kita ulas, bagaimana sejarah Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan ini... Pustakawan Jogja sudah browsing kesana-kemari ini tadi, untuk mencari-cari artikel yang bisa dijadikan rujukan terkait sejarah Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan ini.

Sudah Pustakawan Jogja cari-cari... Ternyata tidak banyak referensi tentang sejarah Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca ini. Hanya ada satu yang Pustakawan Jogja temukan, yaitu dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Memang teramat sangat sedikit untuk mendapatkan informasi terkait perayaan Hari Kunjung Perpustakaan yang ditetapkan tanggal 14 September di setiap tahunya. Selain belum adanya informasi lengkap terkait Hari Kunjung Perpustakaan di wikipedia di portal website Perpustakaan Nasional ataupun di Kementrian Pendidikan juga belum menyediakan informasi terkait dengan Hari Kunjung Perpustakaan ini.

Bahkan di website Perpustakaan Nasional hanya memberikan informasi bahwa tanggal 14 September merupakan Hari Kunjung Perpustakaan. Akan tetapi deskripsi lengkap terkait Hari Kunjung Perpustakaan itu sendiri sama sekali tidak dijelaskan secara lengkap tentang Hari Kunjung Perpustakaan tersebut.

Hari Kunjung Perpustakaan ini pada awalnya diselenggarakan oleh mantan Presiden Suharto tepatnya pada tanggal 14 September 1995. Pada saat itu sebenarnya selain disebut sebagai Hari Kunjung Perpustakaan juga dijadikan sebagai gerakan untuk mencanangkan Bulan Gemar membaca yang dicanangkan pada hari yang sama yaitu tanggal 14 September.

Hari Kunjung Perpustakaan pertama kali digelar yaitu sejak tanggal 14 September 1995. Mulai sejak saat itu, hampir di semua perpustakaan baik yang berada di pusat ataupun di berbagai daerah setiap tanggal 14 September perpustakaan-perpustakaan di daerah beramai-ramai merayakan Hari Kunjung Perpustakaan.

Dalam merayakan Hari Kunjung Perpustakaan tersebut beberapa perpustakaan memiliki cara yang berbeda-beda antara perpustakaan yang satu dengan perpustakaan yang lainya. Namun dari berbagai jenis perayaan yang mereka lakukan, hampir semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengenalkan sekaligus mengajak supaya masyarakat untuk rajin berkunjung ke perpustakaan.


Jadi... Ayok kita semarakkan bulan September ini dengan berkunjung ke perpustakaan dan membaca koleksi-koleksi yang ada di sana... ^_^

Sumber Rujukan : Sejarah Hari Kunjung Pustaka di Web DPK Kab. Bengkayang (Klik)

Post a Comment

0 Comments