Wednesday, 28 March 2018

Training Kepenulisan Bersama HMJ IP UIN SUKA Yogyakarta : Temukan Kata Pertamamu di Sini..!


Kegiatan menulis, merupakan salah satu dari 6 komponen Literasi Dasar (Basic Literacy). Eh, sudah tahu kan apa saja keenam komponen literasi dasar ini? Yak betul...! Sebagaimana yang diungkapkan oleh Clay (2001) dan Ferguson (www.bibliotech.us/pdfs/InfoLit.pdf) bahwa Basic Literacy atau Literasi Dasar memiliki enam, yaitu kemampuan baca-tulis-berhitung (calistung), sains, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), keuangan, budaya, dan kewarganegaraan.

Kemampuan menulis ini tidak bisa dibangun serta merta dalam hitungan hari. Perlu proses, perlu pembiasaan, hingga menjadi sebuah kebudayaan yang mengkolektif di masyarakat. Tentu saja, untuk bisa sampai pada tahap budaya menulis di masyarakat itu harus ada langkah awal, yaitu memulai. Kebanyakan kita tidak segera memulai dalam menulis ini. Menulis menjadi sekedar angan-angan dan keinginan. Punya keinginan kuat untuk menulis, tetapi tidak segera memulai menulis. Ini yang menjadikan kita tidak akan pernah menghasilkan sebuah tulisan. Karena keinginan dan niat kuat untuk menulis terhenti di angan-angan. Niatan hanya sekedar niatan tanpa tindakan nyata.

Naaaaah... Itu lah kenapa, kemarin adik-adik HMJ (Mimpunan Mahasiswa Jurusan) Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Training Kepenulisan dengan mengambil tema "Temukan Kata Pertamamu di Sini" dan Pustakawan Jogja dipercaya untuk menjadi narasumber di kegiatan tersebut.

Kegiatan kepenulisan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Maret 2018 kemarin ini dilaksanakan di Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hadir sekitar 30an peserta, tidak hanya mahasiswa UIN, tetapiada juga yang dari luar UIN lhooo.... Salah satunya dari UST (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, PGSD).







Naaah itu tadi sedikit report tentang kegiatan training kepenulisan yang diadakan HMJ IP UIN SUKA kemarin. Ini adalah kedua kalinya Pustakawan Jogja diundang oleh adik-adik HMJ IP UIN SUKA untuk mengisi acara di sana. Yang pertama adalah sekira satu tahun  yang lalu, yaitu pas acara Knowladge Sharing HMJ IP UIN SUKA Jogja : Membangun Kepustakawanan Bersama 3 Pustakawan Muda Yogyakarta.

Dan memang secara pribadi, saya selalu bahagia ketika mendapatkan undangan dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kenapa demikian? Karena bagaimanapun, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah menjadikan saya hingga seperti sekarang ini. Mungkin baru dengan hal-hal kecil itu tadi yang bisa saya lakukan untuk ikut berkontribusi pada almamater tercinta. Maka, tidak ada alasan untuk tidak menerima panggilan dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tercinta ini.

Dah gitu aja yaaaa... Ini Pustakawan Jogja masih di Jakarta. Malah belum sempat nulis tentang kegiatan bimteknya ini. Jadwal jiaaaan... Piadeeeettt tenan...! Tapi bismillah... Semangat selalu..!
Salam dari Ibu Kota..! ^_^

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment