Saturday, 24 February 2018

Eh... Pak Wapres dan Kepala Perpusnas RI Ketemuan. Kira-kira Ngomongin Apa Ya....?


Naaaah... Ini dia momentum yang kita tunggu-tunggu Lurrrr.... Kemarin malam, Pustakawan Jogja menerima pesan broadcast dari Humas Perpusnas RI. Isi pesan tersebut adalah tentang adanya pertemuan antara Wapres RI Bapak Jusuf Kalla dengan Kepala Perpustakaan Nasional RI, Bapak M. Syarif Bando di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pada Jumat (23/2).

Njuk opo wae isi dari pertemuan tersebut?? Naaaah pastinya pada penasaran to?

Pada pertemuan tersebut, wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Perpustakaan Nasional mengubah paradigma di era digital. Perpustakaan harus dirancang dengan bantuan teknologi informasi dan memiliki kemampuan menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi masyarakat.

"Parameter perpustakaan ke depan adalah bukan jumlah buku-buku saja, tetapi seberapa besar perpustakaan membangun aplikasi teknologi informasi yang memungkinkan masyarakat menjangkau dan mengakses informasi yang ada," jelas Kepala Perpustakaan Nasional RI.

Selain itu, Wapres meminta agar perpustakaan menanamkan kecintaan terhadap buku kepada generasi muda melalui beragam aktifitas. Pengelola perpustakaan dan pustakawan pun diharapkan memiliki kemampuan membuat program yang menarik di perpustakaan. Setiap hari bisa dilakukan perlombaan resensi buku atau lomba story telling di perpustakaan.

Saat ini, tantangan perpustakaan adalah menghadapi dominasi media sosial yang diakses masyarakat. Dan hal ini mempengaruhi budaya baca di Indonesia. "Untuk memastikan perpustakaan itu sebagai tempat bagi generasi muda untuk membangun peradaban. Itu yang paling penting," tambah Kepala Perpustakaan Nasional RI ini.

O iya... Dan satu lagi niiiih lurrrr.... Dari pertemuan itu pula, Kepala Perpusnas RI juga mengundang Bapak Wapres untuk bisa menghadiri Rakornas Perpustakaan yang akan diadakan pada minggu ketiga bulan depan. Pustakawan Jogja insyaa Allah adalah adalah salah satu yang akan diundang pula ke sana. ^_^ Info lanjutannya, tunggu deh dari Pustakawan Jogja. ^_^

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment