Apa Jadinya Ketika Para Begawan Literasi Berkumpul Jadi Satu??? - Bonus Download Materi Seminar dan Rakor GPMB DIY




Wah maaf ya broo sist sekalian. Agak telat nih aplud artikel tentang Rakor GPMB ini. Wess.... gak pa-pa yo? Insyaa Allah.... Info-infonya akan sangat bermanfaat untuk kita kok. ^_^

Masih ingat kan tentang artikel yang saya unggah beberapa hari yang lalu? Itu lhoooooo artikel tentang saya yang dapat undangan dari BPAD DIY untuk menghadiri Rapat Koordinasi GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) DIY. Kalau lupa, coba deh klik DI SINI... :-)

Sudah ingat kah? ^_^ Menyambung dari artikel tersebut, pada tanggal 18 Agustus kemaren saya menghadiri undangan dari BPAD DIY. Yaitu tadi, dalam rangka untuk Rapat Koordinasi GPMB DIY. O iya, kapasitas kehadirian saya di sini adalah sebagai pengurus GPMB Kota Yogyakarta (bukan sebagai Sekjend ATPUSI DIY seperti biasane. Hehehehee...). Dari Kota Jogja, hadir juga bapak Triyanta, S.Pd., MIP. (salah seorang Pustakawan dari Arpusda Kota Jogja) yang mana beliau ini adalah Ketua GPMB Kota Jogja.

Selain dari Kota Jogja, tampak juga para penggerak GPBM dari kabupaten-kabupaten yang lain di DIY ini. Sebut saja yang dari Bantul ada Mas Triyanto, SIP (Founder TBM Guyub Rukun, juga Wakil Ketua ATPUSI Bantul), ada juga Pak Adi dari TBM Mata Aksara Sleman, ada Pak Nanang Sujatmiko dari TBM Kerai Ngemplak Sleman, tampak juga Bapak Ali Ridho (Kepala KPAD Gunungkidul), Bapak Nur Halim Sumirat, S.Pd.I (Pengurus GPMB DIY), dan tentu saja hadir Ketua GPMB DIY, bapak Drs. Sudibyo Tri Sulistyo, BBA. serta banyak lagi yang hadir, yang kebanyakan belum saya kenal. Hahahahaa...

Maklum saja, saya lebih aktif di dunia perpustakaan sekolah. Dan memang geliat GPMB ini masih terasa kurang masif di bandingkan kami di ATPUSI (bukan bermaksud negatif), sehingga memang kami juga tidak banyak hafal pengurus-pengurus GPMB di DIY ini. Cuma beberapa saja yang kami kenal.

Oke, tak perlu berpanjang lebar lah yaaa.... langsung saja ke inti permasalahannya. Seperti yang saya bahas kemarin di artikel sebelumnya (Klik DI SINI untuk membaca artikel sebelumnya), kegiatan ini dirangkai dalam kegiatan seminar dan kemudian dilanjutkan dengan rapat koordinasi untuk memfinalkan program kerja yang telah di susun GPMB DIY.

Seminar ini menghadirkan narasumber dari PP GPMB RI, Ketua Komisi D DPRD DIY, Kepala BPAD DIY, juga Tokoh Pegiat Baca dari TBM Cakruk Pintar.

Dari PP GPMB RI, dihadiri langsung oleh Ketua Umum GPMB RI, Bapak Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib.Dalam seminar ini beliau menyampaikan materi tentang Grand Design Peningkatan Minat Baca dan Pembudayaan Gemar Membaca.

Selanjutnya adalah dari Komisi D DPRD DIY yang dihadiri oleh ketua komisinya, yaitu Bapak Drs. H. Suwardi. Beliau secara lisan menyampaikan tentang dukungan DPRD DIY untuk program-program yang dilaksakanakan GPBM DIY dan BPAD DIY. DPRD DIY akan menjembatani program-program tersebut melalui kebijakan-kebijakan terkait.

Ada beberapa poin yang saya catat dari apa yang beliau sampaikan.
  • Dari dan dengan membaca, kita akan memiliki sumber daya manusia yang luar biasa. Yang mana SDM ini nanti adalah sebagai suatu potensi yang sangat besar untuk bersama-sama menggerakkan masyarakat ke arah sejahtera dan bahagia.
  • DPRD DIY bersama seluruh pihak terkait akan blusukan ke desa-desa untuk meningkatkan infrastruktur di masyarakat terkait dengan program peningkatan minat baca ini.
  • Harus memiliki beragam startegi untuk meningkatkan budaya baca masyarakat. Karena apa harus demikian? Karena produk (buku) yang kita tawarkan ke masyarakat ini merupakan produk yang masih sangat rendah peminatnya. 
Selanjutnya adalah pembicara dari BPAD (Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah) DIY yang dalam hal ini langsung disampaikan oleh beliau Bapak Budi Wibowo, SH., MM (Kepala BPAD DIY) yang mana beliau menyampikan kondisi minat baca di Indonesia yang masih sangat rendah, serta strategi-strategi yang sudah dilaksanakan BPAD DIY untuk mendongkrak minat dan budaya baca masyarakat di DIY.

Yang terahir adalah dari salah satu penggerak literasi yang cukup populer, yaitu Bapak Dr. Muhsin Kalida. Founder TBM Cakruk Pintar. Beliau menyampaikan materi tentang Pertumbuhan Budaya Baca di Masyarakat.

Seminar ini berjalan dengan sangat interaktif. Selepas seminar ini, dilanjutkan dengan rapat koordinasi. Yang berjalan juga dengan lancar.














Naaaah mantab to?? Untuk materi seminar, mongggooooooo download mawon teng mriki.....

Semoga bermanfaat gaesssss... semangat!!!! ^_^

Post a Comment

0 Comments