Thursday, 14 January 2016

Yuk... Ikutan KPSI (Konferensi Perpustakaan Sekolah Indonesia) 2016 di Jakarta



KPSI? Apa sih KPSI itu? KPSI adalah... Konferensi Perpustakaan Sekolah Indonesia. Sebuah konferensi tingkat nasional yang mempertemukan seluruh pustakawan sekolah dari seluruh penjuru Indonesia. Masih ingat dengan IASL (International Association of School Librarianship)? Konferensi pustakawan sekolah tingkat internasional yang sukses diadakan di Indonesia pada medio 2013 lalu. Ada yang belum tahu beritanya? Hmmmm... coba klik artikel ini : Menengok Kembali Kesuksesan Indonesia dalam Penyelenggaraan IASL 2013 di Bali dan yang ingin Mau Lihat Kegiatan Konferensi Internasional IASL 2013 di BALI? Ini Videonya....

KPSI atau Konferensi Perpustakaan Sekolah Indonesia ini sama halnya IASL, akan tetapi ini lingkupnya nasional.

Terhitung akan 2 kali ini KPSI digelar. KPSI pertama dilaksanakan tahun 2014 dilaksanakan tanggal 5-6 Juni 2014 di IPB Convention, Botani Square, Bogor. Dengan mengusung tema "Membangun Masyarakat Berbasis Pengetahuan", konferensi ini dihadiri 53 peserta berasal dari 15 propinsi di Indonesia. Acara terdiri dari  Keynote dan Plenary Speaker, Presentasi dan Workshops.

Naaaah.... Untuk konferensi Perpustakaan Sekolah Indonesia yang kedua akan dilaksanakan di Jakarta tanggal 31 Mei – 3 Juni 2016 dengan tema ” Perpustakaan Mengubah Sekolah = Library Change School ” diselenggarkan oleh Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI).

ATPUSI memiliki visi yaitu mewujudkan tenaga perpustakaan sekolah/madrasah yang profesional di Indonesia. Salah satu unsur yang sangat penting dalam memajukan perpustakaan sekolah adalah kualitas dan profesionalitas SDM tenaga perpustakaannya. ATPUSI akan melaksanakan program-program yang akan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme tenaga perpustakaan sekolah/madrasah, bentuk kegiatan yang dijadikan sarananya adalah mengadakan Konferensi Perpustakaan Sekolah Indonesia (KPSI).

Melalui KPSI ini kami berharap tenaga perpustakaan sekolah/madrasah di Indonesia memiliki wadah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang perpustakaan sekolah, serta sebagai sarana pengembangan diri dan meningkatkan kompetensi kepustakawanannya sesuai Permen Diknas No. 25 Tahun 2008.

Lalu bagaimana prosedur mengikuti KPSI ini? Yok... simak baik-baik penjelasan di bawah ini... Siapno kopi karo cemilan sek yaaaaaaa... ben gak ngantuk... panjang soale penjelasane... :-)

Tahapannya...

Penerimaan Makalah

Kami mengundang pemakalah untuk turut berpatisipasi dalam Konferensi Perpustakaan Sekolah Indonesia (KPSI) yang ke dua ini.

TEMA
Perpustakaan mengubah Sekolah = Library change School

Sub Tema :
  1. Peran Pustakawan dalam meningkatkan mutu sekolah dengan membudayakan membaca
  2. Pustakawan memberikan bimbingan transliterasi
  3. Kolaborasi Pustakawan dan Guru dalam pembelajaran abad 21

JENIS PRESENTASI
Proposal makalah presentasi dapat berupa salah satu dari ke-empat jenis berikut ini:
  1. Workshops (90 atau 180 menit) tentang topik yang sesuai dengan tema konferensi. Disini peserta terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang dapat berupa diskusi dalam kelompok kecil atau besar, latihan dan kegiatan kolaboratif, atau kegiatan yang memberi kesempatan peserta untuk menerapkan konsep yang dipresentasikan. Workshop disini tidak dalam bentuk ceramah tapi kegiatan belajar partisipatif.
  2. Presentasi professional (masing-masing 20 menit) tentang topik yang berkaitan dengan tema konferensi. Hal ini dapat berupa penjelasan sebuah program kegiatan, proyek, aktivitas dan/atau inovasi yang relevan dengan peserta dan bermanfaat bagi pengembangan profesi kepustakawanan sekolah.
  3. Presentasi penelitian (masing-masing 30 menit) tentang topik yang berkaitan dengan tema konferensi. Ini berupa hasil penelitian (baik yang sudah dilakukan maupun yang sedang berlangsung, tapi bukan proposal penelitian).
  4. Poster dari sebuah proyek atau penelitian yang berkaitan dengan tema konferensi. Akan diberikan alokasi waktu tersendiri bagi presenter untuk memajang poster dan bertemu dengan peserta yang berminat.
Kami mengundang pemakalah dari kalangan pustakawan, kepala sekolah, guru, pendidik, peneliti, dosen dan lainnya yang berhubungan secara langsung dengan pengembangan atau pengelolaan perpustakaan sekolah. Pihak lain yang berminat dengan pengembangan bidang kepustakawan sekolah, seperti penerbit, agen, penulis, ilustrator, arsitek, psikolog, ekonom dan wartawan, juga dapat mengirimkan proposal untuk konferensi ini.

Formulir proposal dapat diunduh di sini atau dikirim langsung di sini (admin: Maaf, dari sumber belum ada link download formulir proposalnya. Akan segera saya konfirmasi ke PP ATPUSI mengenai hal ini)
Proposal untuk poster harus disertai dengan sketsa awal dalam bentuk slide tunggal Powerpoint (proposal poster juga harus dikirim melalui email).

KEASLIAN
Semua proposal harus asli dan belum pernah dipresentasikan pada konferensi lain, dipublikasi atau dikirim untuk publikasi ilmiah (Jurnal). .

PROSES SELEKSI
Semua proposal akan dinilai dengan metode “double blind peer-review” dimana penilai tidak akan diinformasikan siapa yang dinilainya dan penulis proposal tidak tahu siapa penialainya.

Proposal akan dinilai berdasarkan kriteria berikut ini:
  1. Workshops, Makalah Professional dan Poster – Relevansi dengan tema, keaslian implikasi penerapannya dan daya tarik bagi khalayak/pihak terkait
  2. Makalah penelitian – Relevansi dengan tema, kejelasan tujuan, pentingnya penelitian, pendekatan/metodologi yang tepat, hasil (atau temuan yang diharapkan), keaslian dan daya tarik bagi khalayak/pihak terkait
  3. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

PENGIRIMAN PROPOSAL
Proposal dapat dikirim secara online melaui "Submit Proposal" atau sebagai lampiran email yang ditujukan kepada callforpapers@atpusi.or.id paling lambat tanggal 15 Februari 2016.

Segala pengeluaran, termasuk biaya registrasi, tiket perjalanan, akomodasi, dan lain-lain menjadi tanggung jawab presenter/pemakalah. Panitia tidak dapat menyediakan bantuan finansial. Jika diperlukan panitia dapat memberikan surat undangan yang dapat dijadikan sebagai lampiran untuk pengajuan bantuan kepada pihak lain.

TANGGAL PENTING
  • Tanggal Kegiatan 31 Mei – 3 Juni 2016
  • Batas akhir pengiriman proposal 15 Februari 2016
  • Pengumuman hasil penilaian proposal 29 Februari 2016
  • Batas akhir pengiriman makalah lengkap 14 Maret 2016
  • Batas akhir pendaftaran bagi presenter agar dapat dijadwalkan dalam program konferensi 4 April 2016
  • Presenter yang tidak mendaftar hingga 8 April 2016 tidak akan disertakan dalam jadwal presentasi dan makalahnya tidak disertakan dalam prosiding.

INFORMASI LEBIH LANJUT
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi email berikut ini : pp@atpusi.or.id

PENYELENGGARA KPSI 2016
ASOSISASI TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH INDONESIA (ATPUSI)
PENGURUS PUSAT
Sekretariat:
Perpustakaan Insan Cendekia Serpong
Jl. Cendekia No.1 BSD Sektor XI Tangerang Selatan 15310
Telepon 0812 83454758
WEB : http://www.atpusi.or.id
Email: pp@atpusi.or.id, admin@atpusi.or.id

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment