Bingung Tidak Bisa Cek Plagiasi di Turnitin? Ini Kebijakan dan Tutorial Terbaru Cek Plagiasi Turnitin 2023


Halooo Gaisss...! Ada yang bingung dengan penggunaan Turnitin untuk cek plagiasi beberapa waktu terakhir ini?

Banyak temen-temen saya, yang pada tanya "Mas Teguh, ini gimana? Kok Turnitin saya gak bisa digunakan." dan banyak lagi semacamnya. Dan waktu itu, saya sendiripun sempat kaget juga pada saat membuka akun turnitin saya, dan kemudian kok tidak seperti biasanya. 

Naaaah. Dari situlah.. Saya akan berbagi sedikit pengetahuan kepada rekan-rekan sekalian tentang kebijakan terbaru Turnitin di tahun 2023 ini, serta bagaimana tutorial penggunaan Turnitin terbaru. Yuksss simak yuukkkss!



KEBIJAKAN TERBARU DAN PANDUAN PENGGUNAAN TURNITIN TAHUN 2023

Oleh : Teguh Prasetyo Utomo, S.I.Pust. (Pustakawan-Praktisi Turnitin)


Dalam upaya untuk menyederhanakan pengelolaan akun pengguna dan lisensi, Turnitin mengumumkan kebijakan terbaru yang mulai efektif pada tanggal 26 September 2023. Kebijakan ini menghentikan dukungan submit atau upload makalah atas nama students yang tidak terdata atau non-enrolled students. Perubahan ini mempengaruhi alur kerja khusus yang sebelumnya hanya dapat diakses oleh instruktur yang menggunakan Turnitin Feedback Studio melalui website turnitin.com atau yang tidak menggunakan Learning Management System (LMS).


Mengapa perubahan ini dilakukan?

Tujuan dari kebijakan terbaru Turnitin adalah untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan akun pengguna dan lisensi. Dengan mengharuskan setiap submission atau upload makalah terasosiasi dengan enrolled students, diharapkan proses evaluasi dan pengecekan plagiasi dapat dilakukan dengan lebih akurat dan efektif.


Apa yang perlu diketahui pengguna tentang kebijakan baru ini?

Mulai 26 September 2023, semua submissions atau upload makalah akan memerlukan asosiasi dengan enrolled students. Artinya, students dapat melakukan submit atau upload sendiri, atau instruktur dapat melakukan submit atau upload atas nama students yang terdaftar.



Panduan Penggunaan Turnitin Untuk Instruktur

Bagi para instruktur yang ingin tetap memanfaatkan layanan Turnitin, berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menggunakan platform ini:


  1. Login ke turnitin


  2. Masuk Akun Instruktur, Kemudian Add Class



  3. Isi Class Name, Enrolment Key, Subject Area, Student Level, Kemudian SUBMIT dan CONTINU


  4. Klik Class ABCD



  5. Klik Student di Kiri Atas


  6. ADD Student


  7. Daftarkan Student (Dari Student List yang sebelumnya di dapat dari Administrator) Lalu SUBMIT


  8. Student sudah terdaftar, kemudian kembali ke ASSIGNMEN


  9. ADD Assignment


  10. Isi New Assignment : Title, Allow Check Turnitin, dan No Repository, Kemudian SUBMIT


  11. Setelah Assignment Jadi, Klik More Action untuk Submit File yang mau di upload




Dengan mengikuti panduan ini, pengguna dapat terus memanfaatkan layanan Turnitin dengan mematuhi kebijakan terbaru yang telah diterapkan. Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas evaluasi dan pencegahan plagiasi dalam dunia pendidikan.


Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video tutorial berikut ini:








Rujukan:

PPTI Unesa. (2023, Oktober 5). KEBIJAKAN BARU TURNITIN. Retrieved from PPTI Unesa - Universitas Negeri Surabaya: https://ppti.unesa.ac.id/post/kebijakan-baru-turnitin

PPTI Unesa. (2023, September 29). MANAGING STUDENT LIMIT NUMBERS. Retrieved from PPTI Unesa - Universitas Negeri Surabaya: https://ppti.unesa.ac.id/post/managing-student-limit-numbers



Baca Juga:

Memandang Kasus Ibu Ika Wulandari (Dugaan Plagiat Gupres Dikmen Tingkat Nasional Tahun 2019) : Persperktif Pustakawan-Praktisi Turnitin

Post a Comment

0 Comments