Akhirnya...! Prosiding SILASMA Sudah Datang! Terbit Online Juga. Silahkan Baca di Sini! Total Ada 40 Paper Karya Pustakawan Seluruh Indonesia.

 


Alhamdulillah. Setelah ditunggu-tunggu.. Prosiding SILASMA (ilaturahmi Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah) 2023 di Lombok NTB beberapa waktu yang lalu akhirnya terbit dan dikirim juga ke saya.

Sebagai salah satu penulis yang lolos di ajang ini, saya berhak mendapatkan satu eksemplar prosiding dalam bentuk cetak. Sedangkan temen-temen yang mau membaca prosiding ini gimana?

Jangan khawatir gaisss....! Tetep bisa. Karena prosiding ini diterbitkan juga secara online. Sebelum itu, saya ingin memberikan sedikit gambaran tentang paper saya di SILASMA ini. 


MERETAS JALAN KOLABORASI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DENGAN ORGANISASI PROFESI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Teguh Prasetyo Utomo
Universitas Islam Indonesia
teguhprasetyo@uii.ac.id

Abstrak

Kolaborasi antara perpustakaan perguruan tinggi dengan organisasi profesi perpustakaan sekolah sampai dengan saat ini belum banyak dilakukan. Hal ini karena masih banyak dari pengelola perpustakaan perguruan tinggi memandang bahwa berkolaborasi dengan organisasi profesi perpustakaan sekolah tidaklah relevan. Padahal sebenarnya kolaborasi antara keduanya memiliki potensi besar dalam mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan studi pustaka. Hasil dari kajian yang dilakukan penulis menemukan bahwa setidaknya terdapat 5 hal yang bisa dilakukan dalam kolaborasi antara perpustakaan perguruan tinggi dengan organisasi profesi perpustakaan sekolah, yaitu 1) peningkatan kompetensi tenaga perpustakaan, 2) bantuan koleksi perpustakaan, 3) pendampingan akreditasi perpustakaan 4) pendampingan sertifikasi pustakawan, dan 5) program perpustakaan sekolah binaan. Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa kerjasama antara perpustakaan perguruan tinggi dengan organisasi profesi perpustakaan sekolah sangat tepat dan efektif. Kolaborasi ini akan mendatangkan berbagai keuntungan bagi kedua belah pihak.

Kata kunci: kolaborasi, perpustakaan perguruan tinggi, organisasi profesi, perpustakaan sekolah


Abstract

Collaboration between academic libraries and school library professional organizations has not been carried out to date. This is because there are still many academic librarians who think that collaborating with school library professional organizations is irrelevant. When in fact, the collaboration between the two has great potential in bringing benefits to both parties. This research was conducted using a qualitative descriptive model and using a literature study approach. The results of the study conducted by the authors found that there are at least 5 things that can be done in collaboration between college libraries with school library professional organizations: 1) increasing the competence of library staff, 2) library collection grants, 3) library accreditation assistance 4) librarian certification assistance, and 5) assisted school library programs. This research resulted in a conclusion that collaboration between academic libraries and school library professional organizations is very appropriate and effective. This collaboration will bring various benefits to both parties. 

Keywords: collaboration, academic library, professional organization, school library



Untuk selengkapnya, bisa dibaca di PROSIDING SILASMA 2023

Prosiding yang berjudul "Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi: Membangun Ekosistem Digital (Transformasi Perpustakaan Mendukung Merdeka Belajar)" ini merupakan hasil kolaboratif dan partisipasi dari para pustakawan, mahasiswa dan dosen PTMA (UMS, UAD, Unisa Yogyakarta, UMY, UMJ, UHAMKA, UMSIDA, UMMI, Unimma, UM Metro, ITEKES Muhammadiyah Kalimantan Barat, UMMAT) dan para pustakawan dari UII, UB, Unej, UGMdan Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta. Total ada 40 artikel di dalamnya.


Baca Juga:





Untuk membaca silahkan dibaca di sini ya....

Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi Membangun Ekosistem Digital (Transformasi Perpustakaan Mendukung Merdeka Belajar)

Lombok Raya Hotel Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat
21 s.d. 23 Februari 2023



O ya. Kalau mau baca tulisan saya, ada di halaman 437 ya. ^_^ Terimakasih.

Baca Juga:


Post a Comment

0 Comments