Lolos CFP ke Lombok! Bukan Sekedar Presentasi Paper. Ada Banyak Cerita di Sana ^_^

#LatePost ini ceritanya Lur.... ^_^

Masih ingat kan postingan di blog Pustakawan Jogja ini tentang Silaturahmi Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah (SILASMA) 2023 di Lombok NTB beberapa bulan yang lalu?

Call For Paper SILASMA FPPTMA 2023 (Klik)

Alhamdulillah, saya waktu itu mengirimkan paper sederhana yang kemudian ternyata lolos untuk dipresentasikan di sana Lur. Alhasil, pada tanggal 20 Februari 2023 (sehari sebelum acara SILASMA) saya terbang ke Lombok via YIA (Yogyakarta Internasioan Airport) Kulon Progo Yogyakarta Lur.

Acara SILASMA ini sendiri dilaksanakan pada 21-23 Februari 2023 di Lombok Raya Hotel, Mataram, NTB.

Setiba di sana, malam hari Lur. Langsung menuju penginapan. Villa Arkana namanya. Tempatnya nyaman dan unik.

Pagi harinya, tanggal 21 yang seharusnya acara sudah dimulai, tapi berhubung saya ikut pada acara inti saja yaitu tanggal 22-nya, maka pada tanggal 21 ini saya free. FYI Lur... SILASMA hari pertama ini diisi dengan acara Rakornas FPPTMA Pusat dan Korwil. Tentu saja saya yang bukan anggota/pengurus FPPTMA tidak relevan jika ikut acara ini kan? ^_^ Itulah kenapa saya tidak ikut acara pada hari pertama ini.

Agenda hari pertama saya adalah ketemu dengan sahabat-sahabat saya yang asli Lombok. Mereka adalah Ema, Habib dan Ikhsan. Bertemu setelah sekian tahun tidak bersua, menjadikan banyak hal yang bisa menjadi cerita. Dari pagi sampai malam hari, kami full ngobrol dan berkunjung ke rumah mereka. Ke rumah Ikhsan, Habib dan Ema. Bahkan pas di rumah Habib, ngobrol banyak sampe malam sampe mata terkantuk-kantuk.

Alhamdulillah. Mereka sekarang sudah sukses, di bidang masing-masing. Dan oleh mereka saya dijamu makan-makan dan juga dibawain oleh-oleh banyak sekali. Alhamdulillah. Big hug and big thanks bro/sist. Jazakumullah akhsanal jaza.

Hari kedua di sana, agenda utama SILASMA ini dilaksanakan. Yaitu Seminar Nasional “Membangun Ekosistem Digital: Transformasi Perpustakaan Mendukung Merdeka Belajar”, serta presentasi Call for Paper dari para pemakalah yang lolos. Termasuk saya. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar.

Pada CFP ini saya mempresentasikan makalah saya yang berjudul MERETAS JALAN KOLABORASI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DENGAN ORGANISASI PROFESI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.

Terkait dengan makalah saya ini, nanti akan saya buatkan postingan tentang isi dan di mana temen-temen bisa membacanya secara online ^_^

Hari ketiga, agenda SILASMA sendiri adalah Cultural Tour. Saya tidak ikut agenda ini. Karenaaaaa..... Saya dengan didampingi sahabat-sahabat saya, Ikhsan dan Habib (Ema tidak bisa mendampingi karena ngajar dan juga sedang hamil. Dan beberapa pekan kemarin alhamdulillah sudah lahir anaknya, kembar ^_^), berkeliling Lombok.

Banyak objek kami datangi, mulai dari Pantai Sengigi untuk lihat sunset dan beli mutiara, Pusat Oleh-oleh untuk beli kaos dan songket, ke desa wisata SADE, dan tentu saja yang paling ikonik saat ini adalah... SIRKUIT MANDALIKA!

Dan selanjutnya setelah itu, pulang ke Jogja. Lombok - Jogja via Bali. Sempat delay di Ngurah Rai selama 4 jam! Sampe ndlosor-ndlosor di bandara. Hahahaha...!!!

Akhirnya.... Jam 10 malam tanggal 23 itu saya sampai Jogja dengan selamat, meskipun ada drama pada saat mau landing di YIA. Yaitu pesawat sempat muter-muter di langit Jogja selama 40 menitan akibat cuaca buruk, bahkan diskenariokan untuk landing di Jakarta jika lebih dari 40 manit cuaca tidak membaik. Alhamdulillah... Bisa mendarat di YIA dengan selamat.

O iya, selama di Lombok, hari kedua dan ke tiga saya nginep di rumah sahabat saya, Ikhsan. Hanya hari pertama yang nginep di penginapan. Dan selama di sana, saya menyewa sebuah sepeda motor di Lombok Motor Bike. Murah dan mudah prosedurnya. Dengan adanya motor ini, memudahkan akomodasi saya selama di lombok, ketimbang harus naik angkutan umum/ojek oline.

Beberapa foto tambahan, termasuk istri saya tercinta saat nganter berangkat ke Lombok dari YIA. ^_^

Ini pesawat pas pulang, Lombok-Bali. Naik pesawat berbaling-baling seperti ini. Senam jantung benerrrrrr...

Dari Bali ke YIA naik Lion Air. Pesawat besar bermesin jet. Nyaman. Tapi yaitu tadi, pas mau landing kon yo ndadak ono drama mbarang.

Sekian cerita CFP di Lombok beberapa waktu yang lalu. Lombok bisa saya bilang adalah satu di antara sekian banyak destinasi wisata terbaik di negeri ini. Lombok, saranghaeyo ^_^