PAPER TERBARU : Optimalisasi Media Sosial Untuk Pemasaran Perpustakaan Perguruan Tinggi

 

Optimalisasi Media Sosial Untuk Pemasaran Perpustakaan Perguruan Tinggi


Teguh Prasetyo Utomo

Universitas Islam Indonesia

teguhprasetyo@uii.ac.id


ABSTRAK

Media sosial saat ini telah menjelma menjadi alat pemasaran yang sangat populer bagi perpustakaan. Hal ini karena media sosial memungkinkan perpustakaan untuk menjangkau dan melakukan komunikasi dengan penggunanya secara realtime tanpa lagi tersekat oleh batasan ruang dan waktu. Terlebih saat ini pengguna media sosial di Indonesia demikian masif yang mencapai mencapai 191,4 juta pengguna. Hal tersebut tentu menjadi potensi yang luar biasa ketika media sosial bisa dioptimalkan untuk keperluan pemasaran perpustakaan. Dalam melakukan kajian ini penulis menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil kajian yang dilakukan penulis menemukan bahwa dalam upaya optimalisasi media sosial untuk pemasaran perpustakaan perguruan tinggi ada tujuh langkah yang harus dilakukan, yaitu: 1) membuat perencanaan (planning), 2) membuat akun/kanal media sosial, 3) memahami platform media sosial yang digunakan, 4) membentuk tim, 5) produksi dan publikasi konten, 6) strategi publikasi konten, dan juga 7) monitoring dan evaluasi. Sehingga kemudian bisa disimpulkan bahwa pemasaran perpustakaan melalui media sosial menjadi sangat penting mengingat luasnya cakupan media sosial saat ini. Terlebih untuk perpustakaan perguruan tinggi yang saat ini mayoritas mahasiswanya merupakan generasi Y (milenial) dan generasi Z (Gen-Z) yang sudah sangat karib dengan media sosial. Selain memerlukan berbagai strategi taktis, optimalisasi pemasaran perpustakaan menggunakan media sosial juga perlu mendapat dukungan dan komitmen yang kuat dari pengambil kebijakan/manajemen perpustakaan perguruan tinggi.

Kata kunci: pemasaran   perpustakaan   ;   media   sosial   ;   perpustakaan perguran tinggi


Selengkapnya silahkan baca di sini

Post a Comment

0 Comments