Simbol Rambu Perpustakaan

 


Tujuan simbol rambu perpustakaan adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perpustakaan melalui penggunaan secara luas lambang yang distandarisasi pada rambu penunjuk arah perpustakaan dan materi promosi. Lambang rambu ini dirancang terutama untuk digunakan pada tanda keberadaan perpustakaan  yang ditampikan di jalan raya, kampus, dan gedung;  tetapi juga dapat digunakan oleh perpustakaan individu untuk buletin, poster, daftar buku, kartu perpustakaan, pembatas buku, kop surat, dan materi promosi lainnya. 

Rambu Perpustakaan pertama kali dirancang pada tahun 1978 oleh Ralph E. DeVore dari Perpustakaan Regional Maryland Barat, dan penampilan resmi pertamanya adalah pada publikasi A Sign System for Libraries tahun 1982. Dewan ALA mengesahkan simbol tersebut, atas rekomendasi dari Satgas Kepresidenan ALA pada pada Konferensi Tahunan ALA 1982. Satgas telah secara khusus mencari simbol standar yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi semua jenis perpustakaan, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap institusi perpustakaan melalui pemanfaatan simbol tersebut pada rambu penunjuk arah perpustakaan dan materi promosi.

Pada bulan Maret 1985, Administrasi Jalan Raya Federal menerima simbol untuk dimasukkan dalam Manual tentang Perangkat Kontrol Lalu Lintas Seragam; itu muncul pertama kali dalam edisi revisi (ke-4) dari publikasi ini, yang dirilis satu tahun kemudian, pada Maret 1986. 

Salam literasi...!!!





Sumber : KLIK DI SINI

Post a Comment

2 Comments

  1. Assalamualaikum wr..wb

    UPT Perpustakaan UM Jember membuka lowongan pekerjaan untuk pustakawan dengan kriteria sbb:

    1. S1 ilmu perpustakaan,
    2. IPK 3,25,
    3. Muslim/muslimah,
    4. Menguasai IT,
    5. Menguasai sistem pengolahan koleksi perpustakaan,
    6. Berpenampilan menarik,
    7.Menguasai public speaking

    Silahkan ajukan lamaran lengkap ke email perpustakaan@unmuhjember.ac.id subjek (pustakawan)

    ReplyDelete
  2. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete