Pedoman Lomba Perpustakaan Sekolah Tahun 2019. Yookkk Unduh Di Sini Lurrr....! Untuk Persiapan Lomba Perpustakaan Sekolah Tahun Depan!


Nah lur... Kalau kemarin Pustakawan Jogja sudah posting informasi tentang Juknis Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaru Tahun 2019, kini Pustakawan Jogja hendak melanjutkan postingan tersebut lurrr.... Sebagaimana kita ketahui bahwa di Indonesia ini setiap tahunnya mengadakan akreditasi dan juga lomba perpustakaan sekolah. Untuk lomba perpustakaan sekolah sendiri dilakukan secara berjenjang dari tingkat kabupaten, provinsi hingga puncaknya di tingkat nasional.

Dan tentu saja lur... Untuk mengikuti lomba perpustakaan sekolah itu, kita harus memahami hal-hal terkait dengan lomba tersebut to? Utamannya tentang Juknis Penilaian Lomba, juga tentang Pedoman Lomba Perpustakaan Sekolah itu sendiri lurr....

Naaaah... di artikel inilah bagian Pedoman Lomba Perpustakaan Sekolah akan kita kupas. Yooook cussss...!!!

Dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas tinggi tidak bisa lepas dari pendidikan. Kegiatan memajukan pendidikan di Indonesia telah dilakukan antara lain melalui peningkatan pendidikan yang diamanahkan dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Pasal 1 menyebutkan, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Salah satu sarana yang amat penting, bahkan dapat diibaratkan sebagai jantung di dalam proses pembelajaran di sekolah/madrasah adalah Perpustakaan. Perpustakaan Sekolah/Madrasah dewasa ini bukan hanya merupakan unit kerja yang menyediakan bacaan guna menambah pengetahuan dan wawasan bagi siswa, tapi juga merupakan bagian integral dalam pembelajaran. Artinya, Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah/Madrasah harus sejalan dengan visi dan misi sekolah/madrasah dengan mengadakan bahan bacaan bermutu sesuai dengan kurikulum, menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan bidang studi (mengaitkan pembelajaran dengan Perpustakaan Sekolah/Madrasah) dan kegiatan penunjang lain.

Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat sumber belajar bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, untuk meningkatkan dan Pedoman Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tingkat SLTA Tahun 2019 2 mengembangkan minat baca, literasi informasi, bakat dan kecerdasan (intelektual, emosional dan spiritual).

Njuk apa saja aspek penilaiannya?? Ini dia lurr....! Monggo diperhatikan!

  1. Aspek kelembagaan (organisasi/struktur) perpustakaan dibuktikan dengan SK, program kerja, laporan kegiatan tahunan.
  2. Aspek gedung dibuktikan dengan adanya gambar/foto gedung dan ruang perpustakaan, luas, denah dan ukuran ruangan serta surat bukti fisik lainnya.
  3. Aspek sarana dan prasarana dibuktikan dengan gambar/foto perabot dan perlengkapan yang dimiliki.
  4. Aspek penganggaran perpustakaan dibuktikan dengan rekapitulasi anggaran 3 tahun terakhir (tahun 2017 – 2019) dan disebutkan sumbernya dengan jelas.
  5. Aspek tenaga pengelola perpustakaan dibuktikan dengan SK Pengangkatan
  6. Aspek koleksi perpustakaan, Pengolahan Bahan Pustaka dan Promosi Perpustakaan disebutkan dengan jelas apakah tercetak atau terekam dan dibuktikan dengan gambar/foto/audio visual koleksi yang dimiliki, dibuktikan dengan dokumen pelaksanaan promosi (dalam bentuk tertulis dan gambar/foto)
  7. Aspek layanan dan Kerjasama perpustakaan dibuktikan dengan dokumen pelaksanaan kerjasama perpustakaan dan adanya gambar/foto/audio visual kegiatan layanan serta dokumen bukti fisik lainnya
  8. Program dan kegiatan perpustakaan dibuktikan dengan dokumen perencanaan, agenda kegiatan, narasumber, hasil kegiatan perpustakaan, foto atau video pelaksanaan kegiatanPedoman Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tingkat SLTA Tahun 2019 11
  9. Aspek Komponen Penguat dibuktikan dengan dokumen kegitan berupa dokumen tertulis dan foto/AV, dll.

Naaaah bingung? Hahahaahaaa....!!!

Oke oke... Silahkan aja langsung ke intinya, monggo unduh aja di sini ya lurrr....! Biar lebih jelas dan lengkap... Yok klik di sini lurr..!


Semoga bermanfaat yaaa lurrr....!!!

Post a Comment

0 Comments