5 Meme #Tuman ala Pustakawan Jogja. Sarana Kritik Sosial Tentang Kondisi Perpustakaan dan Pustakawan Sekolah di Indonesia.




Yak.. betul. Seperti yang sudah Pustakawan Jogja tuliskan di artikel sebelumnya... Meme Tuman yang Pustakawan Jogja bikin sekedar iseng itu akhirnya jadi viral di FB dan WA. Banyak juga yang memberikan komentar, kebanyakan dari mereka setuju dg pesan-pesan yang tertulis di dalamnya.. dan satu dua orang kurang setuju dengan gambar dari meme tersebut yang terkesan menampilkan kekerasan (menampar).

Dan memang kita semua (termasuk Pustakawan Jogja) pada dasarnya tidak menyetujui segala macam bentuk kekerasan. But, dalam konteks meme ini, sebuah meme saat ini bisa dikatakan merupakan salah satu sarana yang paling efektif untuk menyampaikan sebuah kritik sosial akan sesuatu "permasalahan" yang terjadi di sekitar kita. Meme merupakan karya seni dan hasil kreasi, memberikan kritik tanpa menyakiti. Bahkan bisa jadi, si target dari meme tersebut, akan pula ikut pula senyam-senyum sendiri saat membaca meme-meme itu. Paling banter dalam hati agak mengumpat... "Asem tenan kok" sambil tersenyum kecut itu. Hehehehe..

Tapi intinya ini untuk menguji nalar kritis kita akan suatu kondisi yang timpang di sekitar kita. Juga sebenarnya, dengan adanya meme (tentang Perpustakaan dan Pustakawan, dari siapapun itu) yang bisa viral kemana-mana... Akan menjadi sarana yang bagus dan efektif untuk menunjukkan eksistensi Pustakawan dan Perpustakaan.

Bisa jadi lhoooo... Masyarakat yang tadinya sama sekali gak tahu tentang makhluk yang bernama Pustakawan ini, menjadi tahu. Dan masyarakat pun bisa memahami dan mengerti bagaimana sebenarnya kondisi yang terjadi di perpustakaan dan bagaimana kondisi ideal yang seharusnya tercipta. Ini bisa dilakukan lewat meme lhoooo ..

Dan memang... Pustakawan Jogja sendiri merasakan, untuk hal-hal out of the box (seperti membikin meme ini misalnya) para Pustakawan belum tergugah. Padahal justru kita lah para pustakawan ini yang harusnya berkewajiban memenuhi dunia maya dengan beragam media berisi informasi yang positif dan juga kritikan kritis yang konstruktif dan inovatif. Betul?

1. Soal Akreditasi Perpustakaan Sekolah




2. Soal Kondisi Gaji Pustakawan Sekolah 



3. Koleksi Perpustakaan Sekolah




4. Terkait Pengembangan Kompetensi 

5. Kepala Perpustakaan Sekolah yang "Nakal"


Ada yang kurang? Apa lagi kira-kira uaaa....? Coba dehhh... Temen-temen bisa berkreasi juga lhoooo... 😊😊

Post a Comment

0 Comments