Keren Pooool...! Layanan Baru di Perpus Kota Jogja. Namanya BELINDA...


Weh.. Keren tenan..! Jaaaaan... Perpustakaan Kota Yogyakarta yang sekarang berubah menjadi DPA (Dinas Perpustakaan dan Arsip) Kota Yogyakarta kembali meluncurkan layanan baru... dan lagi-lagi... Pakai nama cewek cantik maning... Hahahahhaa...
Lho kok iso?

Betul...! Setelah beragam layanan yang sebelumnya menggunakan nama-nama wanita cantik ^_ seperti Jamila (Jaminan Layanan Prima Mengantar Buku ke Pemustaka), Tamara (Taman Masyarakat Sambung Rasa), Siska (Sistem Interaktif Pemustaka), Raisa (Ruang Diskusi Istimewa), Puspita (Perpustakaan Alternatif Kota Yogyakarta), Popi (Pojok LIPI), dan Monika (Mobil Internet Kewilayahan)... Kali ini Perpustakaan Kota Yogyakarta kembali dengan layanan terbarunya...! BELINDA..! Opo kuwi...?

Naaah.... Ceritane kemarin itu kebetulan Pustakawan Jogja ada waktu (sok sibuk.. Hahaaha..!) mampir ke Perpustakaan Kota Jogja. Ketemu (istilah kerennya : meeting ^_^ ) dengan pak Triyanta, pustakawan senior di Perpustakaan Kota Jogja.. Pas baru masuk.... Mata Pustakawan Jogja langsung tertuju ke sebuan corner di dekat front office desk . Dan di sana terpampang sebuah tulisan besaaaar : BELINDA. Waaaah... Ini pasti layanan baru lagi, pikir Pustakawan Jogja spontan waktu itu. Dan benar.

BELINDA.. Blind Corner untuk Anda. Sebuah layanan terbaru dari perpustakaan kota yang menyediakan bahan pustaka dan sarana membaca yang kondusif bagi penyandang tunanetra dan low vision agar memperoleh kesamaan akses informasi dan komunikasi serta memberikan dukungan kepada mereka dalam usahanya untuk menjadi insan cerdas, mandiri, dan produktif.

Belinda menyediakan seperangkat komputer, scanner, headset, speaker, dan software JAWS sebagai pembaca layar. Koleksi yang disediakan meliputi file Buku Sekolah Elektronik SD, SMP, dan SMA, artikel, dan Digital Talking Book yang berisi rekaman pembacaan novel-novel populer. Disediakan pula scanner bagi yang ingin membaca buku cetak melalui proses scanning. Pustakawan yang bertugas akan siap siaga memberikan asistensi apabila diperlukan.


Walaupun tidak begitu besar, tapi corner Belinda ini sangat sangat nyaman lhooo... Selain karena didukung dengan kondusifnya suasanan Perpustakaan Kota Jogja, juga adanya sebuah sofa yang empuk, rak buku Braille yang mudah diakses, juga adanya seperangkat meja dan kursi audio visual yang pula tidak kalah nyaman.... Selain itu.. Letak layanan Belinda ini sangat strategis dan sangat mudah diakses, utamanya bagi pemustaka (maaf) tunanetra dan low vision , karena terletak di depan di samping kiri front office Perpustakaan Kota Jogja. Bagitu masuk ke perpustakaan, langsung bisa menuju ke layanan Belinda ini. Jika mengalami kesulitan, Satpam dan para Pustakawan di sana akan dengan senang hati membantu kok. ^_^

Dan...... Pustakawan Jogja juga punya beberapa foto ekslusif yang kemarin Pustakawan Jogja jepret sembari menunggu Pak Triyanta. Ini dia... Monggo pun pirsani piyambak.... ^_^








Penasaran? Haruss....! Monggo silahkan langsung saja berkunjung ke Perpustakaan Kota Jogja. Dan juga ajak serta infokan kepada saudara, rekan, sahabat atau tetangga yang (maaf) menyandang tunanetra dan low vision agar bisa memanfaatkan layanan yang luar biasa dari Perpustakaan Kota Jogja ini. 

Ayok ora suwe-suwe...! ^_^

***

Post a Comment

0 Comments