Ngisi Workshop Pengelolaan Perpustakaan di Kanwil Kemenag DIY. Yang Mau Materinya Bisa Diunduh Di Sini...


Siapa yang tidak bahagia kang dan mbak yu sekalian,, ketika kita berkesempatan berbagi ilmu dengan orang lain. Apalagi itu adalah rekan se-profesi kita. Yup betul...! Kemarin hari Jum'at tanggal 12 Mei, Pustakawan Jogja berkesempatan berbagi ilmu dengan teman-teman pengelola perpustakaan madrasah se-DIY.

Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY mengadakan workshop Pengelolaan Perpustakaan Madrasah selama 3 hari, yaitu tanggal 9, 10, dan 12 Mei 2017. Mengundang sebanyak 43 pengelola perpustakaan Madrasah (MI, MTs, MA) negeri maupun swasta yang ada di lingkup kementerian agama. Pada kesempatan tersebut, Pustakawan Jogja jadi "gong" nya gaesss... Lho...! Kok iso?

Iya, Pustakawan Jogja ngisi sesi paling ahir sendiri. Hari terahir pelatihan... Full untuk Pustakawan Jogja yang ngisi. Jadi bener-bener fighting selama seharian penuh, dari jam 08.00 sd jam 15.00 kepotong Jumatan...! Dan seharian itu pula, Pustakawan Jogja ngajar tentang SLiMS (Senayan Library Managemen System). Mulai penjelasan mengenai SLiMS, fungsi dan kelebihannya, teknik installasinya, hingga modifikasi ringan serta dilanjutkan dengan praktek dan penanganan masalah by case. Opo kuwi? Embuh.. Pokoke ngono iku...! Hahahahhahaaha...



Alhamdulillah.. Peserta sangat antusias. Dan juga di ahir pelatihan malah pada bikin grup WA untuk sharing tentang perpustakaan. Jadi tidak berhenti pada saat pelatihan saja. Sangat baik sih... Tapi bagi Pustakawan Jogja.... Hape makin lemooot karena kebanyakan Grup. Hahahhaa..!


Last.. banyak yang menanyakan soal materi. Sebenarnya materinya standar. Ya seperti materi pelatihan SLiMS kebanyakan. Justru yang berbeda adalah ketika di pelatihannya tersebut ketika peserta pelatihan langsung praktek dan menemukan masalah, sehingga langsung bisa ditanyakan kepada Pustakawan Jogja.

Tapi.. barangkali ada di antara teman-teman yang ingin materi pelatihan tersebut, bisa diunduh di sini...


O iya, tentang SLiMS dan seluk beluk otomasi perpustakaan, sebenarnya kita bisa belajar lewat manapun, apa lagi sekarang era internet. Dan insyaa Allah secara rutin saya menulis tentang otomasi perpustakaan di blog ini pula. Itu lhoooo.. Di menu "OTOMASI". Monggo di-klik mawon menu "OTOMASI" di atas. ^_^

Semoga bermanfaat... ^_^


***


Post a Comment

0 Comments