Nah.. Ini dia kang mas dan mbak yu sekalian... Melanjutkan seri Alih Kredit dalam prosesi tranfer kuliah dari D3 Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ke S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka (UT) yang sudah Pustakawan Jogja ulas secara berseri di beberapa artikel sebelumnya. Di antaranya yaitu : Informasi Pendaftaran dan Biaya Kuliah S1 Ilmu Perpustakaan UT Jogja, Mengajukan Alih Kredit dari D3 Ilmu Perpustakaan UIN Jogja ke S1 Ilmu Perpustakaan UT , Transfer D3 Ilmu Perpustakaan UIN ke S1 Ilmu Perpustakaan UT. Apa Saja Yang Harus Disiapkan?? Nih Dia Gaesss.....
Naaah ini adalah seri terahir dari segala prosesi di atas itu. Yaitu hasil dari pengajuan alih kredit dari D3 Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ke S1 Perpustakaan Universitas Tebuka (UT). Setelah mengirim berkas-berkas alih kredit yang sudah kita lengkapi (klik DI SINI untuk melihat apa saja yang harus disiapkan), sebulan kemudian ahirnya saya dapat balasan dari Universitas Terbuka.
Isi dari surat balasan tersebut adalah keputusan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka, yaitu Bapak Prof. Daryono, S.H., M.A., Ph.D. tentang Penetapan Alih Kredit, yaitu pembebasan kewajiban penempuhan mata kuliah yang telah ditentukan bagi mahasiswa tranfer dari D3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ke S1 Ilmu Perpustakaan UT.
Naaaah... Pertanyaaannya adalah, Mata kuliah apa saja yang dibebaskan/tidak perlu kita tempuh jika kita tranfer kuliah dari D3 Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ke S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka (UT)...?
Total ada 26 Mata Kuliah dengan total 80 sks yang dibebaskan. Apa saja itu? Monggo dicermati sendiri gambar di bawah ini. ^_^ (Pegel kang nek kon ngetik semono akehe, Hahahahaa....)
Naaaah sudah jelas kan? O iya, ada beberapa hal yang perlu kang mas mbak yu perhatikan :
- Tak perduli kang mas dan mbak yu ambil mata kuliah apa saja pas di D3 UIN Jogja, hasil alih kreditnya ya adalah mata kuliah-mata kuliah di atas sebanyak 80 sks itu tadi.
- Untuk yang dari D3 Ilmu Perpustakaan PT lain, saya kurang tahu. Mungkin juga sama.
- Untuk pengiriman, baiknya alamat kang mas dan mbak yu ditulis ALAMAT KANTOR. Kenapa? Karena nanti surat balasan dari UT akan ditujukan ke sana. Pengalaman kawan-kawan yang lain, ketika alamat rumah yang ditulis, surat balasan banyak yang tidak sampai. Tapi saya yang saya tulis alamat kantor saya, surat balasan sampai dengan selamat tepat waktu. ^_^
- Jika lebih dari sebulan belum menerima surat balasan alih kredit dari UT, bukan berarti alih kredit gagal. Coba tanyakan ke UPBJJ UT terderkat.
Kenapa ini perlu saya sampaikan, karena ada (bahkan mungkin banyak) yang mengira UT itu perguruan tinggi swasta, termasuk salah seorang adik kelas saya di D3 Ilmu Perpustakaan UIN yang kini lanjut S1 di Unair. Dia mengira UT itu perguruan tinggi swasta, bukan negeri. Padahal UT itu salah satu PTN tertua di Indonesia di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).
Untuk melihat Akreditasi Ilmu Perpustakaan UT, lihat DI SINI (Klik). Untuk tahu tentang UT sebagai perguran tinggi negeri yang juga tersertifikasi secara internasional, silahkan klik DI SINI.
Sekian. Semoga bermanfaat. ^_^
***
1 Comments
ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
ReplyDelete1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000