Jalan-jalan dan Install Keanggotaan SLiMS di Perpustakaan SD Muhammadiyah Kleco, Sederhana Tapi Mempesona! Inspiratif!


Sederhana.. tapi keren tenan! Jozzz! Itulah yang saya rasakan ketika berkunjung ke Perpustakaan SD Muhammadiyah Kleco Unit 1 ini. Perpustakaan sekolah dasar Muhammadiyah yang beralamat di Jalan Pembayun, Kotagede, Yogyakarta ini bisa dikatakan tidak se-WAH..! dan tidak se-WOW!! perpustakaan SD Muhammadiyah yang lain pada umumnya...

Maklum, perpustakaan ini tengah berbenah. Baru bulan kemarin dibenahi total. Dan sekarang ini terus dilengkapi. Dan hari ini saya ke sana diminta untuk menanngani sistem otomasi perpustakaannya. Kami gunakan SLiMS (Senayan Library Management System) yang sudah terbukti tangguh di segala medan dan cuaca..! Hahahahaa...!

Keren. Perpustakaan yang berukuran sekira 4x6 meter ini betul-betul sederhana, tapi mempesona. Potensi yang luar biasa dimilikinya dan saya yakin bisa terus berkembang dan menjadi perpustakaan sekolah dasar yang bisa bersaing dengan perpustakaan lainya. Lihat saja, sekarang ini, semenjak beberapa bulan yang lalu, Perpustakaan SD Muhammadiyah Kleco Unit 1 ini telah memiliki seorang pustakawan yang berlatar belakang S1 Ilmu Perpustakaan, nama beliau Ibu Ros (bukan Kak Ros lho yaaaa.... ). Berkat usaha beliau pula perpustakaan ini semakin lebih baik.

Konsep penataan rak, semua diletakkan di samping. Berjajar dengan rapih sehingga menyisakan ruang di tengah yang cukup luas untuk area baca anak-anak. Koleksinya pun bisa dikatakan sangat beragam, Bukan hanya buku paket lhooooo.. Tapi juga beragam buku bacaan, baik fiksi maupun non fiksi. Bahkan ada juga buku-buku referensi seperti eksiklopedi, kamus, tafsir al Qur'an, dan beragam lagi. Komik juga ada ternyata! Total ada sekira 2102 eksemplar koleksi. Wessss manteb, Pantes saja... Anak-anak selalu berkerumun di perpustakan setiap harinya....






Ibu Ros, Pustakawan SD Muhammadiyah Kleco Unit 1


Sistem Otomasi SLiMS yang berhasil kami install




Lihat deh videonya di sini ^_^




Keren kan? Ini sangat cocok untuk perpustakaan SD yang masih terbatas pada masalah koleksi, pendanaan, dan ruangan. Bisa gunakan sistem otomasi SLiMS yang Gratis tapi sudah terbukti kegunaannya.

Semoga bermanfaat.

***

Post a Comment

0 Comments