Mengajukan Alih Kredit dari D3 Ilmu Perpustakaan UIN Jogja ke S1 Ilmu Perpustakaan UT

Selamat pagi sahabat-sahabat sekalian. Oke langsung saja deh... Begini nih ceritane,,, kemarin-kemarin banyak sekali teman-teman, adik kelas, dan para pembaca blog ini yang menanyakan tentang bagaimana caranya pengajuan alih kredit di Universitas Terbuka. Utamanya adalah adik-adik kelas dari jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang hendak melanjutkan jenjang pendidikannya ke jenjang S1. Dan di Jogja ini, hanya UT lah yang memfasilitasi "transfer" dari D3 Ilmu Perpustakaan ke S1 Ilmu Perpustakaan.

Pada artikel sebelumnya, sudah pernah saya ulas bahwa untuk tranfer dari D3 Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ke S1 Ilmu Perpustakaan UT, tidak harus mengulang dari awal. Untuk ijazah D3 Imu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dihargai sebesar 88 sks. Jika untuk menempuh S1 butuh 144 s/d 160 sks, maka dengan "modal" 88 sks ini kita tinggal mnyelesaikan sekitar 56 s/d 72 sks. Jika satu semester kita bisa ambil full 24 sks, maka kita cuma butuh 3 semester saja untuk menyelesaikan pendidikan sarjana Ilmu Perpustakaan di UT ini. Coba deh baca artikel lengkapnya DI SINI (KLIK).

Gandeng saya ini juga alumni D3 Ilmu Perpustakaan UIN Suka Jogja, juga sedang kuliah S1 Ilmu Perpustakaan di UT... Maka banyak sekali yang menanyakan ke saya bagaimana prosedur alih kreditnya. Sebenarnya, bisa langsung ditanyakan ke UPBJJ UT Jogja. Itu lhooooo yang ada di Jalan Bantul KM 1. Di sana nanti teman-teman akan diberikan penjelasan yang jelas dan gamblang terkait prosedur alih kredit ini. Dan sebenarnya... terkait alih kredit ini, bisa juga dilihat di Buku Katalog UT. Semua dijelaskan dengan sangat sangat jelas di sana. ^_^


Kemudian..... Terkait hal itu... Setelah saya menjalani kuliah di jenjang S1 Ilmu Perpustakaan UT selama 2 semester (akan masuk ke semester 3), saya pun belum mengajukan alih kredit. Hahahahaaaa.... Serius! Baru hari ini mau saya kirim. Lho kok iso?? 

Iya, berkas-berkasnya sudah siap sejak ahir semester 1 kemarin. Tapi (karena kesibukan apalah-apalah....) berkas-berkas tersebut belum saya kirim ke Jakarta, ke UT Pusat. Heheheeheeee.....Hari ini baru mau saya selesaikan berkas-berkas tersebut, dan segera akan saya kirimkan. Soale sudah masuk semester 3 ini. Karena sebenarnya, idealnya jika tranfer dari D3 IP UIN ke S1 IP UT, cukup ditempuh 3 semester. Maka, ini akan segera saya kirimkan segera.


Naaaaaah bagaimana dan apa saja kelengkapannya....? Tunggu di artikel berikutnya. Ini saya tak ngrampungno dulu berkas-berkas yang musti saya kirim ke UT Jakarta terkait alih kredit ini. Setelah beres, akan saya buatkan artikelnya beserta file-file yang harus dikirim ke sana. Oke???
^_^

Update : 

Untuk kelengkapan dan berkas-berkas yang harus dikirim ke UT untuk  pengajuan alihkredit, silahkan baca di ARTIKEL INI (Klik)

Baca juga :

***

Post a Comment

1 Comments

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete