Statistika : Probabilita dan Distribusi Peluang - Materi Inisiasi 4 Tutorial Online UT S1 Ilmu Perpustakaan



BEBERAPA HAL PENTING YANG PERLU ANDA KETAHUI PROBABILITA DAN DISTRIBUSI PELUANG

Probabilita adalah suatu perhitungan yang didasarkan pada peluang atau kemungkinan.

Manfaat mempelajari probabilitas sangat berguna untuk pengambilan keputusan yang tepat, karena kehidupan di dunia tidak ada kepastian,   sehingga diperlukan untuk mengetahui berapa besar probabilitas suatu peristiwa akan terjadi. Probabilitas dinyatakan dalam angka pecahan antara 0 sampai 1 atau dalam persentase. Beberapa istilah penting dalam probabilitas adalah (a) percobaan, (b) hasil, dan (c) peristiwa.

Ada tiga pendekatan dalam menentukan probabilitas yaitu (a) pendekatan klasik yang memberikan probabilitas yang sama, (b) pendekatan frekuensi relatif yang memperhatikan kejadian yang telah terjadi dan (c) pendekatan subjektif berdasarkan penilaian individu.

Dalam perhitungan probabilita ada beberapa asas peristiwa yang sering terjadi, yaitu pertama, asas peristiwa mutually exclusive. Kedua, asas peristiwa non exclusive (tidak saling asing). Ketiga,  asas peristiwa independen (bebas) yang mencakup tiga bagian: marginal, gabungan, dan peluang bersyarat. Keempat, dependen, yang terbagi dalam tiga bagian: marginal, gabungan, dan peluang bersyarat.

Ruang sampel adalah alternatif dari seluruh kejadian dalam beberapa percobaan yang dilakukan berulangkali.

Distribusi probabilitas (peluang) adalah sebuah daftar dari keseluruhan hasil suatu percobaan kejadian yang disertai dengan nilai probabilitas masing-masing hasil (event).

Distribusi Normal memiliki karakteristik sebagai berikut: a) bentuk kurva seperti lonceng, b) nilai rata-rata sampel, median, serta modus berada di titik tengah data, c) dua sisi kurva tidak pernah menyentuh garis horizontal, d) total peluang di bawah kurva= 1 (100%).

Distribusi normal dirumuskan:



Distribusi Binomial dicirikan dengan (a) terdapat hanya 2 peristiwa dalam setiap percobaan, (b) besarnya probabilitas sukses dan gagal dalam setiap percobaan sama, (c) antar-percobaan bersifat inde- penden dan (d)  data merupakan hasil perhitungan.

Distribusi binomial dirumuskan:

n : jumlah percobaan
x : jumlah kemungkinan
p : jumlah peluang
q : jumlah kemungkinan gagal


** LATIHAN 4

Latihan Inisiasi 4

Untuk mengetahui tingkat penguasaan materi modul 5, coba Anda jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
  1. Jelaskan tiga pendekatan yang digunakan dalam perhitungan probabilita
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ruang sampel
  3. Jelaskan ciri-ciri distribusi normal dan binomial
Anda bisa merujuk materi modul 5 BMP Pengantar Statistik Sosial atau buku-buku lainnya yang relevan. 

** DISKUSI 4

Saudara, Anda dapat berdiskusi melalui forum ini tentang materi Probabilitas dan Distribusi Peluang.

Selamat Belajar.

Post a Comment

0 Comments