Statistika : Penyajian Data - Materi Inisiasi 2 Tutorial Online UT S1 Ilmu Perpustakaan



PENYAJIAN DATA

Penyajian data dapat dikelompokkan menjadi penyajian data untuk data kualitatif dan penyajian data untuk data kuantitatif. Pembagian ini didasarkan pada penentuan dari skala variabel. Seperti telah Anda pelajari pada modul sebelumnya bahwa ada empat macam skala, yaitu nominal, ordinal, interval, dan rasio. Penyajian data dengan skala nominal dan ordinal lebih bersifat kualitatif. Sedangkan penyajian data dengan skala interval dan rasio akan lebih bersifat kuantitatif.

Penyajian Data Kualitatif

Data kualitatif merupakan data yang memperlihatkan karakteristik-karakteristik dari suatu objek penelitian. Oleh karena itu, data kualitatif tidak menampilkan kategori dalam bentuk angka. Penampilan dalam bentuk angka justru akan menghilangkan informasi yang dimiliki oleh data kualitatif. Tingkatan pengukuran yang biasa diberikan untuk data kualitatif adalah skala nominal dan ordinal. Skala nominal akan mengklasifikasikan setiap data ke dalam kategori-kategori tertentu, sedangkan dengan skala ordinal akan didapatkan peringkat dari setiap kategori. Data kualitatif dapat disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Sajian tabel disebut juga dengan tabel distribusi frekuensi kualitatif yang memiliki ciri adanya pembagian kelas berdasarkan kategori-kategori tertentu. Sedangkan dalam bentuk diagram dapat digolongkan ke dalam 4 jenis diagram. Yaitu diagram lingkaran (pie graph), diagram batang (bar graph), diagram garis, dan piktogram.

Penyajian Data Kuantitatif

Penyajian data kuantitatif merupakan penyajian data yang berbentuk angka-angka. Data yang berbentuk angka-angka tersebut, bila bervariasi, harus dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok angka atau yang disebut dengan kelas. Proses semacam ini disebut dengan penyederhanaan data. Penyajian data ini bisa disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Tabel untuk data kuantitatif disebut dengan distribusi frekuensi kuantitatif. Pembagian kelas pada tabel ini ditentukan oleh angka-angka yang didapat dalam pengumpulan data. Apabila angka yang muncul tidak terlalu bervariasi maka tabel yang dibuat dapat berbentuk tunggal. Penyajian data kuantitatif dalam bentuk diagram dapat dilakukan dengan beberapa jenis, seperti diagram lingkaran, histogram, poligon dan ogif. Histogram menghubungkan antara interval kelas dengan frekuensi, poligon menhubungkan antara nilai tengah kelas dengan frekuensi, sedang ogif menghubungkan antara interval kelas dengan frekuensi kumulatif. Pengelompokkan data kuantitatif dilakukan dengan cara:
  1. Menentukan terlebih dahulu banyaknya kelas. 
  2. Menentukan rentang antara satu angka dengan angka lainnya (interval kelas) yang akan digunakan.

Bahan Diskusi 2



Untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi modul 3, coba Anda jelaskan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
  1. Apa yang dimaksud dengan data kualitatif!
  2. Sebutkan bentuk-bentuk penyajian data kualitatif!
  3. Sebutkan bentuk-bentuk penyajian data kuantitatif!
  4. Jelaskan langkah-langkah penyederhanaan data kuantitatif!
Rujukan utama adalah Buku Materi Pokok Pengantar Statistik Sosial. Anda boleh merujuk literatur-literatur lain asalkan menyebutkan sumber referensi.

Selamat belajar!

Post a Comment

1 Comments