Seminar & Workshop Otomasi Perpustakaan Sekolah PD ATPUSI Kulonprogo. Materinya? Download Di Sini.


Nah.. langsung saja wes... Pada sesi seminar kemarin, saya bersama Bapak Drs. Harminto, MM (Kepala Perpustakaan Daerah Kulonprogo) menyampaikan wawasan otomasi perpustakaan kepada para pustakawan sekolah se-Kab. Kulonprogo. Pada seminar yang bertemakan Otomasi Perpustakaan Sekolah dan Madrasah Menuju Generasi Indonesia Emas 2045" ini beliau menyampaikan beberapa hal terkait UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, pengertian perpustakaan sekolah, serta penyiapan perpustakaan sekolah dalam menyongsong era generasi Indonesia Emas 2045. Sedangkan saya menyampaikan gambaran secara umum tentang apa dan bagaimana otomasi perpustakaan itu, apa keuntungan otomasi perpustakaan, infrastruktur yang dibutuhkan dalam membangun sistem otomasi perpustakaan, serta pengenalan beberapa jenis software otomasi perpustakaan, mulai dari Atheneum Light, Inlis Ligth, hingga SLiMS (Senayan Library Management System). O iya, seminar ini dimoderatori langung oleh Bapak Nur Halim Sumirat, S.Pd.I. Salah seorang pengurus pusat ATPUSI.


Sedangkan siang harinya pada saat sesi workshop, saya jadi single fighter. Ngadepin ibu-ibu (dan beberapa bapak-bapak) pustakawan sekolah perwakilan dari semua UPTD yang ada di Kab. Kulonprogo. Pada sesi Workshop ini, saya memaparkan langsung ke teknis aplikasi (penerapan) SLiMS (Senayan Library Management System) untuk perpustakaan sekolah. Seorang diri menghadapi sekitar 30an peserta workshop yang "ganas-ganas", jadilah (awalnya) sedikit keteteran. Sambil menjelaskan di depan, juga lari ke sana ke mari memberikan arahan langsung kepada peserta yang sangat antusias bertanya ini itu. Hmmmmm... Luar biasa semangat mereka. Beliau2 inilah yg akan menjadi embrio suksesnya program #‎KulonprogoOneSearch‬. Insyaa Allah akan ada training lanjutan. Karena, mereka inilah yang nantinya akan (dan memang harus) menularkan ilmunya kepada pustakawan-pustakawan sekolah di UPTD masing-masing.

Pada sesi workshop ini, peserta langsung saja ajari cara installasi SLiMS versi terbaru, yaitu SLiMS 8 Akasia. Dengan menggunakan dukungan presentasi pada display LCD besar yang ada di ruangan itu, para peserta workshop saya jelaskan cara-cara installasi SLiMS 8 Akasia Portable (Psenayan 8 Akasia). Mereka langsung praktek mengikuti instruksi saya sembari menyesuaikan langkah-langkahnya dari tampilan presentasi saya, setelah sebelumnya mereka saya beri software Psenayan 8 Akasia ini. Dimulai pukul 1 siang, acara workshop ini rampung pukul 4 sore. Dan rencananya akan ada workshop lanjutan untuk lebih mendalami fungsi dan penggunaan sistem otomasi perpustakaan SLiMS ini.

Berikut ini beberapa jepretan dari seminar dan workshop kemaren.

*Sesi Seminar









 


**Sesi Workshop
 
















**Sesi Bonus.. Hehehehehee... Biar freshhh....



Untuk materinya? Don't worry gaessss... silahkan download di sini..

O iya, 2 materi di atas itu tadi adalah materi dari saya, untuk materi dari Bapak Drs. Harminto, MM. (Kepala Perpusda Kulonprogo) belum saya dapatkan, nanti kalau sudah dapat, akan segera saya upload di sini juga.  makanyaa.. stay tune terus di mari.. hehehee...
Semoga bermanfaat ^^

Post a Comment

0 Comments