Saturday, 26 March 2016

Launching #KulonprogoOneSearch - Langsung Oleh Bapak Wakil Bupati Kulonprogo


Seperti yang saya sampaikan di artikel Pelantikan PD ATPUSI Kab. Kulonprogo : Mulai dari Seminar, Workshop, Hingga Launching #KulonprogoOneSearch di awal tadi, bahwa kegiatan pelantikan Pengurus Daerah Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (PD ATPUSI) Kabupaten Kulonprogo juga dirangkai dengan beberapa kegiatan sekaligus, salah satu kegiatan yang juga merupakan gebrakan dari PD ATPUSI Kab. Kulonprogo yaitu Launching Program #KulonprogoOneSearch oleh Bapak Drs. H. Sutedjo, Wakil Bupati Kabupaten Kulonprogo.

Sejatinya rencana awal program #KulonprogoOneSearch ini akan dilaunching langsung oleh Bupati Kulonprogo, Bapak dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K). Akan tetapi karena beliau ada tugas ke Jakarta pada hari tersebut, jadilah launching ini dilakukan oleh Bapak Wakil Bupati Kulonprogo, Drs. H. Sutedjo.

Tentu saja ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa. Mengingat ini merupakan program besar dan beru satu-satunya dilakukan di daerah di Indonesia. Untuk tataran nasional, memang sudah ada #IndonesiaOneSearch oleh Perpustakaan Nasional RI. Dengan konsep yang hampir sama, kami PD ATPUSI DIY beserta PD ATPUSI Kab. Kulonprogo melakukan gebrakan serupa. Program #KulonprogoOneSearch ini menggunakan basis software otomasi perpustakaan terbaik dan terpopuler di Indonesia. Apalagi kalau bukan SLiMS, Senayan Library Management System.

Prosesi launching #KulonprogoOneSearch ini dilakukan langsung oleh Bapak Drs. H. Sutedjo di Gedung Kaca Pemda Kab. Kulonprogo dengan disaksikan oleh Ketua PD ATPUSI DIY Bapak Agus Subagyo, S.I.Pust., perwakilan PP ATPUSI Bapak Nur Halim Sumirat, S.Pd.I., Kepala Perpustakaan Daerah Kabupaten Kulonprogo Bapak Drs. Harminto, MM., serta Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kulonprogo Bapak Drs. Sumarsana, M.Si. Serta yang tak kalah luarbiasa adalah hadir sekitar 150 orang pustakawan sekolah se Kab. Kulonprogo yang turut manyaksikan launching ini.


"Dengan mengucap Bismillahirrohmaanirrohiim, program #KulonprogoOneSearch resmi saya launching." begitu kata Bapak Drs. H. Sutedjo sembari menekan tombol enter di leptop yang sudah terhubung dengan tiga buah display LCD yang ada di dalam ruangan tersebut. Beberapa saat kemudian tertampillah tampilan program #KulonprogoOneSearch yang dibangun dengan menggunakan UCS (Union Catalog Server) SLiMS.

Sebagai langkah awal dalam mewujudkan program #KulonprogoOneSearch ini, adalah dengan mengadakan workshop otomasi perpustakaan bagi pustakawan-pustakawan dari beberapa sekolah di tiap-tiap UPTD yang ada di Kab. Kulonprogo. Kemudian nanti kami akan mengawali dengan membuat role model dengan mengambil 5 sekolah di Kabupten Kulonprogo. Kelima sekolah ini nantinya yang akan menjadi pionir serta percontohan bagi sekolah yang lain.

Setelah melaunching, Bapak Wakil Bupati langsung menyampaikan sambutannya di podium. Beliau sangat bangga dengan seluruh pengurus ATPUSI Kab. Kulonprogo dan sangat mendukung untuk program #KulonprogoOneSearch serta program kerja ATPUSI Kab. Kulonprogo yang lain yang tentunya sangat mendukung kemanjuan pendidikan di Kab. Kulonprogo melalui dunia perpustakaan sekolah. Karena perpustakaan sekolah memang sebagai ujung tombak pendidikan dan pengajaran di sekolah.

Berikut ini foto-fotonya. Silahkan dilihat sendiri.. :-)










Keren kan? Insyaa Allah dari kami pengurus daerah ATPUSI DIY akan pulan mencanangkan program serupa di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota di DIY. Maka, Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta.. silahkan ditunggu juga untuk gebrakan serupa.

Semoga bermanfaat. Salam ATPUSI..!

Post Comment

0 komentar:

Post a comment