Jaringan Kerjasama Perpustakaan Dan Informasi - Materi Inisiasi 1 Tutorial Online UT S1 Ilmu Perpustakaan


Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang memiliki sumber daya manusia, ruang khusus, dan kumpulan koleksi sesuai dengan jenis perpustakaannya. Karena tidak satupun perpustakaan dapat berdiri sendiri dalam arti koleksinya mampu memenuhi kebutuhan informasi pemakainya, maka dari itu diperlukan adanya kerjasama antar perpustakaan.

Kerjasama perpustakaan pada umunya didasarkan pada keinginan secara sukarela dari perpustakaan yang bekerjasama, dengan alasan di antaranya:
  1. Meningkatnya jumlah buku yang terbit tiap tahun, perpustakaan tidak mampu berswasembada di bidang koleksi.
  2. Semakin banyaknya jenis media baik cetak, elektronik atau multimedia.
  3. Perubahan perilaku pencari informasi, atau pemenuhan kebutuhan pemakai yang beragam.
  4. Tuntutan masyarakat untuk memperoleh informasi yang sama baiknya dengan tidak memSaudarang dimana mereka berada.
  5. Berkembangnya teknologi informasi yang berdampak pada perubahan model layanan dan akses informasi.
  6. Tuntutan penghematan. Dalam hubungannya dengan kondisi perpustakaan yang rata-rata kemampuan finansialnya terbatas maka kita melihat bahwa strategi sinergi menjadi pilihan.
Dari berbagai alasan tersebut dapat ditarik benang merah mengapa perlu bekerjasama. Pertumbuhan sumber daya dan fasilitas baru yang dapat disebarluaskan melalui jaringan, digabungkan dengan asset yang telah tersedia saat ini di suatu perpustakaan akan membentuk suatu pusat kekuatan pengetahuan. Hal ini memungkinkan suatu perpustakaan terkecil dan terisolir dapat menawarkan berbagai informasi sama seperti yang ditawarkan oleh suatu perpustakaan besar. Selain itu, perpustakaan mampu menyediakan akses setara terhadap informasi global dan lokal, yang dikenal dengan istilah muatan sumber daya informasi dan pengetahuan, imajinasi, pembelajaran, pelayanan dan fasilitas.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan perpustakaan terutama koleksi yang dikelolanya, dan dalam rangka menjembatani ketidak-sempurnaan perpustakaan, maka diperlukanlah kerjasama yang dapat menguntungkan semua pihak yang menjadi anggota kerjasama. Untuk itu perpustakaan perlu membuat jaringan kerjasama yang kemudian dengan kesepahaman yang disepakati, dibentuklah suatu kegiatan yang disebut dengan jaringan kerjasama perpustakaan.


BAHAN DISKUSI 1

Istilah jaringan memiliki pengertian yang bervariatif. Sejumlah definisi dapat ditemukan dari berbagai literatur. Karenanya, pengertian jaringan dikalangan pustakawan akan berbeda dengan para pendidik, ilmuwan dan berbagai bidang lainnya. Nah, jelaskan dan berikanlah contoh arti jaringan yang dapat merujuk pada beberapa pengertian.

Selamat berdiskusi
Salam

Post a Comment

0 Comments