Silaturrahim Daerah FORKOMPASITA (Forum Komunikasi Perpustakaan Sekolah Islam Terpadu Indonesia) DIY


Hari itu, Sabtu 12 Desember 2015, hujan mengguyur kota Jogja dengan begitu derasnya. Angin yang cukup kencang, disertai guntur yang menggelegar sesekali. **Hayyyyaaaaahh... malah berpuisi. Hehheee

Intinya yang ingin saya sampaikan kali ini adalah tentang pertemuan FORKOMPASITA (Forum Komunikasi Perpustakaan Sekolah Islam Terpadu Indonesia) DIY yang dilaksanakan pada hari Sabtu tersebut sangatlah luar biasa. Kenapa demikian? Ya, karena pada hari Sabtu itu pula Jogja memang diguyur hujan yang sangat deras semenjak dzuhur hingga menjelang ashar dan berlanjut lagi malam harinya. Kenapa luar biasa? Karena dengan kondisi hujan yang demikian derasnya itu, Pustakawan SIT (Sekolah Islam Terpadu) DIY berkumpul di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta.

Luar biasa! Hujan deras yg mengguyur Jogja tak menghalangi langkah dan tiada menggoyah semangat mereka untuk datang ke SMAIT Abu Bakar Yogyakarta. Dari penjuru Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta datang untuk pertemuan ini. Bukti militansi dan semangat yang luar biasa dari para pengelola perpustakaan SIT se-DIY.

Pertemuan ini sendiri merupakan pertemuan lanjutan dari pertemuan 2 minggu sebelumnya di Perpustakaan Daarul Hikmah SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Pada pertemuan itu, pengurus FORKOMPASITA kembali menguatkan komitmen untuk menggerakkan kembali roda keorganisasian FORKOMPASITA ini. Kenapa demikian? Karena beberapa saat yang lalu FORKOMPASITA sempat vakum dikarenakan beberapa hal.

Alhamdulillah... pertemuan di SMAIT Abu Bakar ini kembali menguatkan langkah kami untuk kembali nguri-nguri FORKOMPASITA ini. Dari pertemuan ini dihasilkan sebuah kepanitiaan yang akan mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan Musyawarah Daerah (Musyda) FORKOMPASITA DIY pada bulan Februari 2016, Insyaa Allah..

Harapan kami, FORKOMPASITA DIY bisa menjadi sebuah organisasi yang bisa mewadahi dan memfasilitasi aktualisasi diri pustakawan SIT di DIY ini, serta bisa turut serta mendorong kemajuan perpustakaan SIT di DIY ini. Serta bisa bersinergi dengan seluruh stakeholder dan lembaga terkait. Juga dengan seluruh organisasi kepustakawanan yang ada di DIY, seperti IPI, ATPUSI, FPSI, Himpusma, serta IGPM untuk bersama-sama memajukan dunia perpustakaan di DIY.

Selain itu, tertanam sebuah cita-cita besar bahwa nantinya FORKOMPASITA DIY ini akan menjadi embrio bagi lahirnya FORKOMPASITA yang lain di seluruh penjuru nusantara. Karena saat ini, di bawah JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) Indonesia, baru ada satu organisasi perpustakaan yang menjadi wadah perpustakaan dan pustakawan Sekolah Islam Terpadu (SIT), yaitu Forum Komunikasi Perpustakaan Sekolah Islam Terpadu Indonesia atau FORKOMPASITA, yang memang baru ada di DIY. Bismillah...










#PustakawanBergerak #JSITJaya

Post a Comment

2 Comments