Monday, 14 December 2015

Karnaval Budaya Peresmian TBM Kerai Diliput Indosiar Euy..!! Lihat Video Liputannya Di Sini.


Ratusan Warga masyarakat sekitar Dusun Kwadungan, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman pada hari Minggu, 15 November 2015 lalu menyelenggarakan Karnaval Budaya Gebyar Peningkatan Minat Baca Masyarakat dalam rangka peresmian TBM Kerai. Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY Bapak Budi Wibowo, SH, MM memecahkan kendi sebagai simbol peresmian TBM Kerai disaksikan ibu Dra. Sri Hartati Kepala Kantor Perpustakaan Daerah (KPD) Kab. Sleman, Nur Adi Indra Wijaya Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kab. Sleman dan Ketua GPMB DIY. Drs. Sudibyo Tri Sulistyo, BBA, CH, CHt.

Prosesi Peresmian dilaksanakan dengan kegiatan Kirab Gunungan Buku dari Balai Desa Widodomartani menuju TBM Kerai Kwadungan, kemeriahan kirab begitu tampak dengan banyaknya peserta yaitu dari Kelompok Drumbband (akustik), bergodo desa, Kelompok dolanan bocah, Forum TBM Sleman, GPMB DIY, Motor Pustaka Keliling, Perpusdes Widodomartani, Mobil Perpustakaan Keliling KPD Kab. Sleman, Gerobak Sapi, ALUS (Asosiation of Library University Student) - OMIP (Organinsasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan) Liberty UIN Sunan Kalijaga. Beberapa bentuk kegiatan digelar seperti Lomba Skesta Arsitektur Rencana Pembangunan TBM Kerai, Lomba mewarnai anak TK dengan juri dari pekerja Seni dan Forum TBM diambil juara I, II dan III dengan piala Kepala Desa, Gelar Reptil dari Komunitas Reptil Jawa Tengah, Pentas/ Panggung Seni yang diisi oleh anak-anak sekolah dari TK, SD di sekitar TBM Kerai.




Tak hanya itu, kemeriahan Karnaval Budaya Gebyar Peningkatan Minat Baca Masyarakat dalam rangka peresmian TBM Kerai ini juga diliput salah satu stasiun televisi nasional, Indosiar, dalam program Fokus yang mereka tayangkan. Berikut ini liputannya.


Semoga kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi seluruh kepala daerah di Indonesia untuk pula memperhatikan dan meningkatkan budaya baca masyarakat yang ada di daerhanya. Karena TBM Kerai ini sendiri adalah hasil dari swadaya masyarakat dusun Kwadungan. Kepala Dusun Kwadungan Nanang Sujatmiko yang prihatin terhadap rendahnya minat baca masyarakat di Dusun Kwadungan ini kemudian menggerakkan masyarakat untuk bersama-sama membangun Taman Baca Masyarakat (TBM) Kerai. Tentu saja keberadaan TBM semacam ini sangat penting bagi masyarakat karena TBM itu sendiri memiliki peran yang cukup besar dalam mencerdaskan masyarakat di level bawah yang tidak memiliki akses untuk mendapatkan informasi dengan baik.


Harapannya, TBM Kerai Bukan Sekedar Tempat Membaca semata. Akan tetapi benar-benar bisa menjadi jembatan bagi masyarakat sekitar dusun Kwadungan untuk mendapatkan akses informasi, pengetahuan, bahkan keterampilan yang bermanfaat dan berguna bagi kehidupan masyarakat dusun Kwadungan. Serta bisa menjadi percontohan dan motivator bagi daerah yang lain untuk pula mengembangan TBM serupa.

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment