Dolan-Dolan Ke Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta


Belajar tidak ada habisnya, belajar tidak ada hentinya. Itulah yang sering kita dengar, dan memang harusnya bisa kita laksanakan juga. Dulu ketika kuliah, kami sering diberikan wejangan oleh dosen-dosen kami dalam setiap kesempatan. Bahwa perpustakaan adalah sarana belajar sepanjang hayat. Long life education kalau orang bule bilang ^_^. Naaah pun demikian halnya dengan Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta ini, setelah hampir sepuluh tahun vakum karena berbagai hal (salah satunya karena gempa bumi tahun 2006 yang lalu), pada awal tahun ini - tepatnya pada bulan Februari 2015 - Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta kembali dibuka. Dan pada ahirnya saya berkesempatan juga "dolan" ke sana.

Ya, kemarin sore selepas Ashar saya berkunjung ke Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta ini. Disambut dengan ramah oleh petugas perpustakaan di sana. Beliau adalah Mas Arfan Darwanto, atau yang biasa dipanggil Mas Arfan. Beliau adalah salah satu dari sekian pengurus Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

Kesan pertama ketika masuk ke sana adalah... sejuk dan rapi. Nyaman sekali rasanaya. Dengan ruangan yang tidak begitu luas, tapi dengan penataan yang pas menjadikan kita nyaman di dalamnya. Perpustakaan ini menempati sebuah gedung yang terletak persis di selatan Masjid Gedhe Kauman. Gedung ini (yang berupa sebuah rumah limasan) tidak hanya untuk perpustakaan saja. Tapi pula sebagai kantor Muallaf Center. Jadi separoh untuk perpustakaan, separohnya lagi untuk kantor Muallaf Center Yogyakarta. Walaupun demikian, perpustakaan ini sangat nyaman seperti yang saya sebutkan di awal tadi. ^_^

Dengan membawa visi yang luar biasa, yaitu "Mewujudkan Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman sebagai Pusat Literatur Peradaban Islam", perpustakaan ini berusaha untuk menyediakan layananan terbaik yang sesuai dengan semangat visi perpustakaan itu tadi. Dalam hal koleksi, Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta ini menyediakan beragam koleksi, mulai dari koleksi Agama, Pengetahuan Umum, Psikologi, Sosial Budaya Islam, Filsafat dan Perkembangan Islam, Hukum dan Politik, Al-Qur'an dan Hadist, dll. Juga ada koleksi fiksi di perpustakaan ini. Novel-novel populer seperti novel Harry Potter ada juga di perpustakaan ini.

Selain itu, Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta juga menyediakan koleksi digital lhooo... berupa VCD/DVD. Kemudian perpustakaan juga mengadakan kegiatan lain seperti kelas bahasa Arab (setiap Selasa malam, Jum'at malam, dan Sabtu malam). Juga ada gerakan wakaf buku serta kegiatan Muallaf Center Yogyakarta.

Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta yang pada tahun 1995 pernah mendapatkan penghargaan sebagai perpustakaan masjid terbaik se-DIY ini kini mulai kembali berbenah. Setelah sekian tahun vakum, tentu saja merupakan tantangan yang cukup berat untuk kembali menjadi perpustakaan masjid unggulan seperti tahun 1995 yang lalu. Inilah yang saat ini sedang dilakukan oleh pengurus Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Pembenahan, perbaikan, peningkatan layanan dan koleksi, serta peningkatan promosi perpustakaan ini terus dilakukan.

Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta ini melakukan pelayanan setiap hari Senin - Sabtu jam 09.00 - 21.00 wib. Luar biasa kan? Maka teman-teman yang hendak ke perpustakaan ini, jika tidak bisa datang di pagi atau siang hari, silahkan malam hari ke sini. :-) Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta ini menyediakan akses internet dan akses wifi secara gratis. Selain itu juga menyediakan air mineral gratis untuk pengunjung perpustakaan. Jadi jangan kawatir kehausan di sini. Ke depannya, perpustakaan ini akan melakukan pengembagan-pengembangan seperti jumlah koleksi, hingga ruangan perpustakaan. Bahkan menurut Mas Arfan kemarin, sudah ada wacana Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta akan membukan unit usaha mandiri yang nantinya bisa menjadi (salah satu) sumber pemasukan untuk operasional Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta ini. Sementara ini biaya operasional berasal dari Takmir Masjid Gedhe Yogyakarta dan juga infak yang diberikan donatur untuk perpustakaan.

Sudah ya..? Gak usah panjang lebar penjelasannya. Kalau penasaran, langsung saja dolan ke sana. Mudah. Datang saja ke Masjid Gedhe Kauman, di Komplek Keraton Ngayogyakarta Hadinigrat. Perpustakaan ini terletak persis di sebelah selatan masjid. :)





















Koleksi Digital

Mengisi Form Keanggotaan, Gratis

Buku Tamu








Juara 1 se-DIY tahun 1995









O iya, Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta ini menyediakan keanggotaan secara gratis. Teman-teman bisa langsung ke sana untuk meminta formulirnya ke petugas di sana. Kemudian, Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta ini bisa diakses juga lewat sosial media.
Semoga bermanfaat ^_^

Post a Comment

6 Comments

  1. Wahh bukunya banyak sekali ya,,, jadi penngen kesana saya,,, Kapan kapan saja kalau ada waktu luang hehe

    ReplyDelete
  2. Saya orang jogja, tapi jarang ke mesjid gedhe, hehe.
    Ramadhan tahun kemarin saya sering nyari takjil (gratis) di sana, tapi tahun ini cuma sekali saja.
    Belum pernah masuk ke perpustakaannya, semoga suatu saat bisa main ke sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaaah ayok ayok mariiii ^_^ Eh, jogjanipun pundi mas?

      Delete
  3. Konsepnya menarik. Sayang aku jauh dari Jogja. Tapi kalau pas ke Jogja sepertinya harus dimasukin ke list.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak... betul sekali. sangat dekat sengan keraton kok. Bisa sekalian. ^^

      Delete