Wednesday, 3 August 2016

Yang Istimewa Dari Perpus SMA Muhi Jogja, Ini Dia.....



Apa to yang menarik dari perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta? Kok iso-isone maju ke tingkat nasional mewakili DIY...? Jangan-jangan dewan jurine salah menilai...?

Eitsss..... jangan salah gaess... Perpustakaan SMA Muhi ini sangat istimewa. Jozzz... ini akan bisa terbukti saat njenengan-njenengan semua berkunjung dan melihat langsung ke sana. IMHO... Perpustakaan SMA Muhi ini sudah sekelas perpustakaan perguruan tinggi. Ruang yang luas, koleksi yang memadai mulai dari koleksi tercetak maupun digital, fasilitas yang oke punya, adanya mini theater yang sudah seperti XXI atau Cinema 21 ^_^, adanya mini museum, dan lain-lain... Dan satu yang pasti, perpustakaan ini dikelola oleh pustakawan-pustakawan yang profesional.

Lalu apakah itu saja? Tentu saja tidak.... Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta ini memiliki beberapa ke-khas-an yang tidak ada di Perpustakaan sekolah lain. Apa saja itu? Ini dia, pendapat Ibu DR. H. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si. (Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Anggota Dewan Perpustakaan DIY) yang saya kutip langsung dari akun FB beliau (dengan editing ejaan seperlunya). Beliau mengungkapkan ada beberapa ke-khas-an yang dimiliki perpustakaan SMA Muhi ini, antara lain:

/salah satu ke-khasan dari Perpustakaan SMA Muhi ini adalah,
  1. Koleksi Batik. Sebagai perpus yang berada di lingkungan Yogyakarta, perpus Muhi punya kewajiban dan kesadaran untuk melestarikan budaya lokal dan kearifan lokal, salah satunya batik. Koleksi ini juga mendekatkan pemustaka supaya paham berbagai jenis batik..
  2. Muhammadiyah Corner. Yang berisi koleksi tentang Muhammadiyah. Tokoh tokoh Muhammaditah Aisyah pun dimunculkan untuk bisa diteladani...
  3. Memiliki Ruang Rahmatan Lil Alamin... ruang diskusi, lesehan dan untuk bertukar pikiran. Berisi koleksi bacaan2 ringan Bu. Seperti majalah, puzzle, buku KKPK dll, karena nantinya akan dimanfaatkan untuk TPA dan warga sekitar Muhi.
  4. Punya Muhi Corner yang berisi koleksi karya civitas akademika Muhi baik siswa dan guru

Jelas to Kang dan Mbak sekalian.. Gimana? Keren po ra...?


Koleksi Batik





Tokoh-Tokoh Muhammadiyah dan Aisyah


Ruang Rahmatan Lil Alamiin


Karya Siswa


 Muhi Corner


Post Comment

3 comments: