Seminar Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah oleh ARPUSDA Jogja. Mantaaabb Vrooooh.....!


Masih ingatkat tentang artikel yang Pustakawan Jogja posting beberapa waktu yang lalu itu? Hayooooo jangan-jangan sudah lupa? Ini lhooooo... artikel yang berjudul Dapat Undangan Dari Sekda Kota Jogja. Apa Isinya?? (Silahkan dibaca lagi.... )

Nah... kemaren, Pustakawan Jogja menghadiri undangan tersebut, yang merupakan undangan untuk menghadiri seminar kepustakawanan sekolah. Seminar yang dilaksanakan di Ruang Arjuna Dinas Perijinan Kota Yogyakarta pada hari Selasa 10 Agustus 2016 kemarin ini mengambil tema "Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah". Seminar ini ternyata eh ternyata, sangat menarik luar biasa..!

Seminar ini mengundang sekira 80 orang kepala sekolah dan pustakawan sekolah se Kota Yogyakarta, mulai dari SD, SMP, hingga tingkat SMA/SMK sederajat. Baik sekolah negeri maupun swasta. Hadir juga di dalam acara tersebut Kepala Kantor ARPUSDA (Arsip dan Perpustakaan Daerah) Kota Yogyakarta, Bapak Wahyu Hendratmoko, SE., MM. yang memberikan sambutan dalam pembukaan acara seminar tersebut.

Menghadirkan 3 orang narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya, yang salah satunya adalah Ketua Satgas Gerakan Literasi Sekolah Ibu Pangesti Widiearti M.Appl.Ling.PhD. yang mana beliau ini juga merupakan dosen Bahasa Indonesia dari Universitas Negeri Yogyakarta yang menyampaikan materi tentang Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah. Lhooooo... manteb tenan to?

Selain itu, juga ada Ibu Rita Susanti, A.Md. yang merupakan pustakawan MAN Yogyakarta 3 yang mana beliau ini merupakan salah satu nominator pustakawan teladan DIY tahun ini, dan juga merupakan pustakawan sekolah yang perpustakaannya sukses melaksakanakan GLS ini sejak 15 tahun yang lalu..! Lhoooo.... keren po ra Kang???

Satu lagi adalah beliau Bapak Cahyono, S.Ag. Kepala SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta yang tahun ini pula menjadi pemenang dalam lomba perpustakaan sekolah dasar se-Kota Yogyakarta.Beliau menyampaiakan materi tentang "Strategi dan Kebijakan Melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah". Karena bagaimanapun, GLS tidak akan bisa berjalan tanpa adanya kebijakan dari Pimpinan sekolah terkait yang mendukung GLS ini. Bahkan dalam materi yang disampaikan Ibu Rita Susanti, A.Md., ada 18 langkah sakti dari kepala sekolah dalam pengembangan gerakan literasi sekolah di Mayoga...! Lhoooo keren to..... :D

Waktu seminar selam sekitar 2,5 jam terasa kurang. Dimulai dari pukul 10.00 wib dan berahir sekitar jam 12.30 wib, terasa begitu singkat. Penjelasan dariketiga narasumber yang sangat luar biasa menarik, dan juga antusiasme peserta seminar yang luar biasa menjadikan seminar ini terasa begitu hidup dan interaktif.


Materi yang di sampaikan ketiga narasumber benar-benar berbeda. Benar-benar bisa membuka cakrawala dan pandangan kita terhadap apa dan bagaimana sebenarnya Gerakan Literasi Sekolah ini.

Naaaah..... Bagaimana suasana seminar itu? Monggo..... ini foto-fotonya?

Pendaftaran Peserta






Pembukaan Seminar, peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya




Kepala Arpusda Kota Jogja menyampaikan sambutan



Acara Seminar






Berfoto seusai acara





O iya, ada yang mau materinya? ^_^

Post a Comment

0 Comments