Tuesday, 23 February 2016

Pentingnya Backup Data SLiMS, Bagaimana Caranya?



Artikel ini kusus saya dedikasikan untuk rekan saya Om Daniel Swastika Aditya Aji  yang kemaren meminta dibuatkan tutorial cara eksport - import data SLiMS dengan format CSV. Dan saya juga yakin selain Om Daniel, sahabat-sahabat sekalian juga membutuhkan hal ini kan? ^_^ Sekalian saja, saya buatkan tutorial sederhana bagaimana CARA BACKUP DATA SLiMS. Mengingat dalam bidang data digital, backup data ini memiliki peranan yang sangat vital karena data digital rentan terhadap serangan virus, malware, hacker, dsb. Maka backup data ini memiliki peranan yang sangat penting, jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka kita masih ada salinan data dari sistem otomasi perpustakaan kita.

Untuk rentang masa backup data, akan sangat baik jika kita bisa melakukan backup data sistem otomasi perpustakaan kita setiap hari. Jadi selepas kita input data setiap harinya, kita lakukan backup data. Tapi jika tidak bisa, maka minimal sepekan sekali data sistem otomasi senayan kita harus kita lakukan backup. Dan lakukan backup data ini secara rutin dan berkelanjutan.

Pada dasarnya, backup data SLiMS ini terdiri dari dua jenis (atau katakanlah dua cara). Yang pertama adalah backup data SQL, yang kedua adalah backup data CSV. Bagaimana caranya? Oke,, langsung saja kita simak bersama. Klik DI SINI. 

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment