Pilih Mana: Silasma di Malang, Semnas IPI di Bali, atau KPDI di Lampung?


Berurutan nih Lurr... Mulai bulan Juni, Juli, hingga Agustus nanti akan ada beberapa event besar bagi para pustakawan. Tiga di antaranya adalah Silasma, Rakerpus dan Semnas IPI, serta KPDI yang tentu saja sudah tidak asing lagi lurrr...

Naaaahhhh... Tinggal kita pilih nih mau ikutan yang mana. Beriktu ini Pustakawan Jogja berikan informasinya yaaa.... Cekidot!


SILASMA (Silaturahmi Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah)

Tanggal 5 - 7 Juni 2024 di Malang, Jawa Timur. 


Perpustakaan merupakan bagian dari sektor penunjang keberhasilan pencapaian sektor pendidikan, terlebih di tingkat Perguruan Tinggi. Mengingat begitu pentingnya peranan Perpustakaan Perguruan Tinggi, maka dibentuklah Forum Silaturahmi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah atau FSPPTM sebagai sebuah organisasi yang menghimpun seluruh perpustakaan yang bernaung di bawah institusi Perguruan Muhammadiyah pada tahun 2004 di UM Yogyakarta. Pada tahun 2021 di UM Surakarta, FSPPTM berganti nama menjadi Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah atau FPPTMA. Pergerakan FPPTMA terasa pasti dari waktu ke waktu. Berbagai bidang kerja telah dilaksanakannya, baik dalam bidang organisasi, bidang SDM dan Diklat, bidang kerja sama dan hubungan masyarakat, dan bidang Teknologi Informasi.


Website info: https://www.silasma.fpptma.or.id/






RAKERPUS dan SEMNAS IPI 

Tanggal 7-8 Juli 2024 di Denpasar, Bali. 


Rakerpus XXV Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) akan dilaksanakan di Denpasar Bali, Tanggal 7-8 Juli 2024

Tema yang diangkat : Peran Pustakawan dan Perpustakaan dalam Peningkatan Literasi Masyarakat pada era Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Tujuan Kegiatan

  1. Meningkatkan pemahaman, menyamakan persepsi dan menyatukan komitmen pustakawan dalam peningkatan literasi masyarakat.
  2. Berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang perpustakaan dan informasi, dengan teman sejawat.
  3. Memperkuat sinergi dan kaloborasi pustakawan Indonesia.
  4. Mengonsolidasikan dan menyelaraskan kegiatan organisasi mengacu pada Program Kerja IPI periode 2022-2025.


Pendaftaran : https://s.id/rakerpusipi2024




KPDI (Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia) ke-15

Tanggal 6-8 Agustus 2024 di Bandar Lampung, Lampung


Tren perkembangan perpustakaan dewasa ini adalah pemunculan dan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk pengelolaan dan layanan perpustakaan. Pemanfaatan AI di perpustakaan berproses mengikuti penemuan teknologi baru khususnya teknologi informasi (TI). Proses awal adalah melakukan automasi di dalam seluruh proses bisnis perpustakaan (library housekeeping operations) menggunakan berbagai perangkat lunak automasi perpustakaan. Selain itu, pengelola perpustakaan dan pemustaka dewasa ini pada umumnya terlahir di era digital (digital natives). Mereka ini lebih mudah beradaptasi dengan perubahan TI termasuk AI, sehingga pengelolaan dan layanan perpustakaan berbasis AI menjadi idola pustakawan dan pemustaka di era sekarang ini. Walaupun secara teoritis pemanfaatan AI di perpustakaan sekarang ini dinyatakan relatif mudah, namun dalam praktiknya masih ditemukan masalah dan berbagai kendala baik dari sisi pustakawan maupun pemustaka. Berkaitan dengan hal itu, pustakawan, sivitas akademika, dan praktisi lainnya terus berupaya melakukan penelitian, observasi dan pemikiran berkaitan dengan pemanfaatan AI di perpustakaan. Berpijak dari latar belakang diatas, Perpustakaan Nasional RI bersama Forum Perpustakaan Digital Indonesia dan Universitas Lampung bermaksud menyelenggarakan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-15 tahun 2024 dengan mengusung tema “Artificial Intelligence (AI) dalam Perpustakaan Digital”. Kegiatan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-15 tahun 2024 ini akan dilaksanakan di Kota Bandar Lampung pada tanggal 6 s/d 8 Agustus 2024.


Website info: https://kpdi.perpusnas.go.id/module



Yuukkk tinggal dipilih mau yang mana ygy! ^_^

Post a Comment

0 Comments