Workshop Literasi di SMAN 2 Ngaglik: Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Budaya Literasi


Selasa pekan ini, tanggal 10 Oktober 2023, saya mendapatkan undangan untuk menjadi pemateri di workshop literasi di SMAN 2 Ngaglik Sleman Yogyakarta. SMA ini memiliki Perpustakaan "Padmawidya Pustaka" yang merupakan 10 besar perpustakaan sekolah terbaik di DIY tahun 2019 yang lalu.

Tak heran, perpustakaan SMAN 2 Ngaglik ini memiliki beragam kegiatan inovatif, yang tidak hanya berkutat pada pinjam-kembali buku saja. Workshop Literasi ini salah satunya.

Dengan mengusung tema Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Budaya Literasi, Perpustakaan SMAN 2 Ngaglik menghadirkan 2 orang narasumber, yaitu saya sendiri, Teguh Prasetyo Utomo dan Moh Mursyid yang juga dia ini adalah teman kuliah saya di Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Workshop ini dilaksanakan dengan mengundang siswa, guru dan pengelola perpustakaan SMAN 2 Ngaglik. Juga mengundang beberapa guru dan pengelola perpustakaan dari sekolah-sekolah di sekitar SMAN 2 Ngaglik. 

Pada kesempatan ini saya menyampaikan materi dengan judul: Cerdas Memanfaatkan Sumber Belajar Digital. Ini saya sampaikan karena selain menyesuaikan dengan tema workshop, juga tak bisa kita pungkiri bahwa saat ini teknologi informasi dan media digital adalah suatu hal yang tidak bisa kita hindari. Kesemuanya itu sudah menjadi keseharian kita. Semisal saja, mayoritas dari kita pada saat  bangun tidur pertama kali yang kita pegang pasti adalah.... HP. ^_^ 

Itulah kenapa, penting sekali saat ini kita bisa mendayagunakan gawai (gadget) kita untuk menunjang pembelajaran kita. Di sekitar kita ada banyak sekali sumber belajar digital yang bisa kita manfaatkan. 





Untuk Mas Mursid, beliau menyampaikan bagaimana membangun motivasi untuk menghasilkan karya dalam bentuk tulisan. Sebagaimana beliau yang saat ini merupakan Direktur Penerbit Azyan Mitra Media yang sudah banyak menerbitkan buku-buku di Indonesia.


Last... ini sedikit bocoran materi yang saya sampaikan di SMAN 2 Ngaglik kemarin.... ^_^ sebenernya ada 27 slide yang saya paparkan di sana...



Demikian ya gaissss semoga bermanfaat.







O iya.. Bagi yang penasaran dengan Perpustakaan SMAN 2 Ngaglik, lihat di sini yaaa... Keren banget. Bisa jadi inspirasi desain perpustakaan kalian nih.



Post a Comment

0 Comments