Apa Itu BI Corner? Simak Nih Penjelasannya Lurrr...!


Dalam upaya berkelanjutan untuk memastikan pemahaman yang akurat di kalangan masyarakat mengenai keberadaan dan peran Bank Indonesia (BI) dalam ekonomi Indonesia melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi, BI telah menginisiasi penguatan pendidikan publik di bidang ekonomi melalui pendirian sudut baca yang disebut "BI Corner".


Pendirian BI Corner dipicu oleh kesadaran Bank Indonesia bahwa mencapai visinya sebagai bank sentral yang kredibel bukanlah tugas yang mudah. Kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh bank sentral, yang menekankan stabilitas ekonomi, seringkali belum dipahami dengan baik oleh masyarakat. Beberapa anggota masyarakat berpendapat bahwa kebijakan BI belum secara langsung menangani aspek kehidupan rumah tangga.





Selain itu, di luar bisnis intinya, Bank Indonesia memiliki Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang juga berfokus pada program-program pemberdayaan ekonomi rumah tangga. Pemberdayaan ekonomi rumah tangga dapat dilakukan secara langsung atau melalui penciptaan agen perubahan ekonomi di dalam rumah tangga. Diyakini bahwa anggota keluarga dengan tingkat pendidikan dan pengetahuan yang lebih tinggi dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas ekonomi rumah tangga.


Pada awalnya, BI Corner akan difokuskan terutama pada perguruan tinggi dan pendidikan anak usia dini (PAUD) melalui penyediaan sudut baca dan cerita anak-anak. Pada tahun 2016, BI Corner telah meluas ke sekolah menengah atas dan institusi pendidikan setara lainnya. Pada tahun 2024, tujuannya adalah mendirikan 1.000 BI Corner di semua tingkatan pendidikan, termasuk PAUD, perpustakaan daerah, dan fasilitas publik strategis lainnya. Program ini merupakan bagian dari tema unggulan PSBI yang berjudul "Indonesia Cerdas".


Tujuan utama BI Corner adalah memberikan akses dan perolehan informasi dan literatur berkualitas tinggi, baik dari dalam maupun luar negeri, terutama di bidang ekonomi dan keuangan. Ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai peran dan tanggung jawab Bank Indonesia dalam ekonomi Indonesia, sambil membentuk masyarakat yang berliterasi keuangan dan generasi yang gemar membaca. Sebagai bagian dari inisiatif ini, BI Corner akan menawarkan koleksi 200 buku berbahasa Indonesia dan 50 buku berbahasa Inggris. Selain itu, fasilitas yang disediakan di BI Corner mencakup rak buku, meja komputer, PC, layar LED, lampu berdiri, karpet, tanaman hias, dan sofa.



Selain menyediakan fasilitas bacaan dan berbagai materi bacaan, penerima manfaat BI Corner akan menyelenggarakan program aktivasi untuk mendukung tujuan program ini. Program-program ini meliputi seminar atau kuliah umum tentang Bank Indonesia, perkembangan ekonomi terkini, dan topik-topik relevan lainnya. Kegiatan lainnya meliputi diskusi, tinjauan buku, dan kompetisi untuk para siswa, seperti kontes pidato, debat bahasa Inggris, dan resensi buku.



Lantas bagaimana caranya agar perpustakaan kita bisa mendapatkan BI Corner ini? Tunggu di postingan berikutnya yaaaa... 


Update terbaru:

Cara Terbaru Pengajuan BI Corner. Yokkkk Simak Ini Lur!! Info Akurat Langsung Dari Bank Indonesia.

Post a Comment

0 Comments