Kemendikbud Sediakan Tesaurus Daring Gratis. Ini Cara Penggunaannya!


Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Definisi Tesaurus

Kata tesaurus berasal dari kata thēsauros, bahasa Yunani yang bermakna ' khazanah'. Kata tersebut kemudian mengalami perkembangan makna, yakni ' buku yang dijadikan sumber informasi'. Tesaurus memuat kata atau sekelompok kata yang saling bertalian. Pada dasarnya tesaurus adalah sarana untuk mengalihkan ide atau gagasan ke kata atau sebaliknya. Tesaurus dapat membantu orang dalam menyelidiki atau menyelami, mulai dari suatu gagasan hingga masuk ke dalam dunia kata yang saling berkaitan.

Tesaurus yang disusun secara tematis ini akan membantu penggunanya dalam mengungkapkan ekspresinya, terutama di dalam ekspresi atau ungkapan bahasa tulis. Ketika seseorang tidak mengenal, atau ketika seseorang lupa kata atau ekspresi yang sesuai dengan gagasan yang ingin ia ungkapkan, ia dapat berkonsultasi kepada tesaurus untuk mendapatkan kata yang sesuai dengan yang ia pikirkan. Atau, ketika kata atau ungkapan yang ada di dalam pikiran tampak tidak sesuai dan kata atau ungkapan yang disebutkan juga tidak sesuai, ia dapat menemukan pilihan kata yang lebih baik dengan menyesuaikan nuansa makna yang dikehendaki.

Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013. Dalam versi daring ini tidak ada perubahan dan penambahan apa pun dari segi isi, begitu pula dari susunan redaksinya. Dapat dikatakan bahwa Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan hasil pengalihwahanaan dari berbasis kertas ke berbasis internet. Meskipun demikian, Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia versi cetak tetap diterbitkan, sehingga tersedia dua alternatif pilihan bagi pengguna yang ingin mengakses produk kebahasaan dan kesastraan yang dihasilkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Sejalan dengan kemajuan teknologi informasi, masyarakat cenderung beralih menggunakan perangkat yang lebih efisien dan praktis. Oleh karena itu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa harus menyesuaikan diri dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat tersebut. Pembuatan versi daring ini merupakan salah satu wujud adaptasi terhadap kemajuan teknologi informasi tersebut. Selain itu, versi daring ini kami persembahkan sebagai sumbangan kami dalam mengembangkan bahasa Indonesia, khususnya dalam penyediaan sumber-sumber rujukan kebahasaan dan kesastraan.

Buku Petunjuk Teknis Penggunaan Tesaurus Daring dapat diunduh pada tautan: http://repositori.kemdikbud.go.id/17655/

Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring dapat diakses pada laman: http://tesaurus.kemdikbud.go.id/tematis/

#Perpusdikbud
#BadanBahasa
#Tesaurus
#BelajarDariRumah


Post a Comment

1 Comments

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete