Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Indeks Alibaca) Nasional. Jogja Menduduki Peringkat 2 Nasional. Provinsi Mana Juaranya?


Hae Gaess.... Kemarin tiba-tiba di Grup WA Pustakawan Blogger, rame pembahasan soal Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) Nasional. Opo kuwi indeks Alibaca Nasional?

Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Indeks Alibaca) Nasional merupakan hasil kajian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terkait dengan peta kondisi literasi masyarakat secara nasional. Mengingat luasnya makna ‘literasi’ yang berkembangan di masyarakat, kajian ini hanya dibatasi pada literasi membaca.

Dan hasilnya seperti apa luurr...?

Ini dia. Dari survey yang dilakukan terhadap 34 provinsi di Indonesia, dengan menggunakan

Berikut ini sepuluh teratas provinsi dengan Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) Nasional tertinggi di Indonesia.

  1. DKI Jakarta : 58,16
  2. DI Yogyakarta : 56,20
  3. Kep. Riau : 54,76
  4. Kaltim : 46,01
  5. Bali : 44,58
  6. Kalimantan Utara : 42,86
  7. Kep. Bangka Belitung : 41,97
  8. Banten : 40,81
  9. Sulawesi Utara : 40,20
  10. Jabar : 39,47

Sedangkan untuk urutan terbawah diduduki oleh Provinsi Papua dengan Indeks Alibaca sebesar 19,90. Untuk data lengkap Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) Nasional untuk 34 provinsi bisa dilihat di dalam grafik berikut ini. (Klik pada gambar untuk memberbesar)


Harapannya dengan adanyan hasil kajian Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) ini nantinya bisa berguna untuk mengukur tingkat aktivitas literasi membaca pada 34 provinsi di Indonesia. Kita semua berharap hasil tersebut dapat bermanfaat bagi pengembangan program Gerakan Literasi Nasional agar ke depan dapat lebih optimal lagi.

Semoga.

Post a Comment

1 Comments

  1. mohon bantuan penjelasan terkait angka yang tertera pada warna dan perhitungannya

    ReplyDelete