Selamat dan Sukses! Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama' (APPTNU) Resmi Terbentuk Lur...!!! Ketuanya Dari Surabaya, Sekjennya Dari Jogja


Keren tenan lurr... Berawal dari Pustakawan Jogja yang melihat postingan dari Mak Nyak Labibah Zain 6 jam yang lalu. Postingan ini berisi tentang terbentuknya Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama' (APPTNU). Berikut ini postingan Mak Nyak di akun FB nya.....

Alhamdulilah! Saya bisa ikut menyaksikan lahirnya Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi NU (APPTNU) di UNU Yogyakarta 11 Januari 2020.

Matur Nuwun kepada Bapak Lasa Harsana yang sudah berbagi tentang Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Selamat kepada ibu Yeni Fitriyah dari UNU Surabaya yang sudah terpilih menjadi Ketua, Bapak Abdullah Badruzzaman sebagai sekjen dan Ibu Lilik dari Unisma Malang sebagai Bendahara.

Selamat Bekerja! Selamat Bersinergi untuk Perguruan Tinggi NU yang lebih berkualitas

“Perpustakaan merupakan bagian integral dari sebuah perguruan tinggi; akreditasi, repository, penyediaan rujukan yang valid dan update adalah beberapa tantangan dari Perpustakaan Perguruan Tinggi. Perpustakaan Perguruan Tinggi NU harus mampu menjawab tantangan tantangan tersebut. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Perpustakaan Perguruan tinggi NU harus bersinergi” Tutur Labibah.

Dari postingan tersebut Pustakawan Jogja mencoba menelusur lebih lanjut, dan Pustakawan Jogja menemukan. Dilansir dari Bangkit Media, bertempat di UNU Yogyakarta Sabtu (11/01/2020) para pengelola perpustakaan NU berkumpul membentuk asosiasi. Tujuan dari pembentukan asosiasi ini adalah untuk memudahkan para pengelola perpustakaan perguruan tinggi NU untuk bisa berjejaring dalam meningkatkan layanan. Dalam acara tersebut diadakan sarasehan dengan narasumber : Bapak Lasa HS yang merupakan ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhamadiyah Aisyiyah (FPPTMA). Dalam pemaparannya beliau menceritakan bagaimana FPPTMA terbentuk sehingga diharapkan hal tersebut bisa menginspirasi pengelola perpustakaan Perguruan Tinggi NU.

Dan dari hasil sarasehan ini pula ahirnya terbentuklah asosiasi yang digunakan untuk mewadahi pengelola perpustakaan perguruan tinggi NU, dengan nama Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi NU (APPTNU). Pembentukan APPTNU ini dipimpin oleh Dra. Labibah Zain, MLIS yang merupakan Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang juga merupakan Past Presiden SLA Asia. Selain itu hadir juga Mufid Rowi dari UIN Malang yang juga Ketua Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Jatim dan Sukardi dari IAIN Ponorogo. Juga tidak ketinggalan ada Dr. Muhsin Khalida, Dosen Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga yang juga sekaligus sebagai Penasehat Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Nasional sekaligus penggagas gerakan Psychowriting di Indonesia.

Ahirnya terbentuklah kepengurusan kepengurusan APPTNU yaitu :

  1. Yeni Fitria N dari UNU Surabaya sebagai ketua, 
  2. Abdulloh Badruzzaman dari UNU Yogyakarta sebagai Sekeretaris dan 
  3. Lilik  Ernawati F dari Universitas Islam Malang sebagai Bendahara 

Dengan anggota tim formatur Hasan Bashori dari Pojok Gus Dur PBNU, Ahmad Baidlowi dari STIES Babussalam Jombang, Ernawati dari STAI Sunan Pandanaran Yogyakarta, Muhammad Nafis dari Ikatan Alumni Madrasahul Quran Tebuireng dan HM Syafi’i Budhi.







Ahirnya pengurus dan tim formatur terpilih APPTNU ini akan melengkapi kepengurusan yang melibatkan pengelola Perpustakaan NU se Indonesia, melakukan audiensi ke LPTNU, mengadakan rapat kerja penyusunan program, pelantikan, seminar serta workshop guna peningkatan kualitas SDM di Perpustakaan NU. Program-program andalan APPTNU akan meliputi Pembuatan Standar Perpustakaan Perguruan Tinggi NU, Akreditasi, Otomasi Perpustakaan serta Pembuatan Repositori.

Dengan adanya Perpustakaan Perguruan Tinggi yang kuat, diharapkan Perguruan Tinggi NU semakin diakui dan akreditasi Perguruan Tinggipun menjadi lancar. Sehingga diharapkan setelah APPTNU kuat, melalui program-programnya juga dapat membantu perpustakaan- perpustakaan pesantrean, sekolah serta pojok baca agar dapat menjadi preservasi pengetahuan lewat penyelamatan buku-buku karya para tokoh NU sekaligus meningkatkan kemampuan literasi masyarakat.

Sekali lagi selamat dan sukses! Semoga Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama' (APPTNU) bisa memberikan kemanfaatan dan kemajuan serta memberikan warna bagi dunia perpustakaan di Indonesia, khususnya perpustakaan perguruan tinggi Islam.

Note : Foto-foto diambil dari akun FB Ibu Labibah Zain.

Post a Comment

0 Comments