60 Kreasi Sudut Baca Kelas SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Fullll Inspiratif! Keren Bangeeet!



Haiiiii gaiss....!!!!! Wessss keren tenan niiih SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. TOP pokoke lurr...! Sekolah ini, kalau sudah bicara soal perpustakaan dan gerakan literasi sekolah, tidak pernah setengah-setengah. Selalu TOTALITAS!

Salah satu bukti nyatanya adalah adanya Pekan Literasi Sekolah 3 Tahun 2019 yang berisi beragam kegiatan menarik dan inovatif, mulai dari Dolanan Anak, Olimpiade Matematika dan Sains, Karya Inovasi, Mendongeng, Read Aloud Guru dan Orang Tua, Vlog, Menggambar Komik, Menulis Puisi dan Cerpen, dan tentu saja adalah yang akan kita bahasa kali ini lurr, yaitu Lomba Sudut Baca Kelas.

Tujuan Lomba Sudut Baca Kelas 

Sebagaimana Pustakawan Jogja kutip dari Blog Perpustakaan An Nafid SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, Sudut baca kelas saat ini menjadi sebuah wahana dalam menumbuhkan budaya baca bagi para siswa. Berangkat dari misi perpustakaan dalam membentuk pribadi pembelajar, perpustakaan An-nafid SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, menyelenggarakan kegiatan lomba kreasi sudut baca. Kegiatan ini diikuti 60 kelas dengan beragam kreasi. Wajah kelas dipoles sedemikian rupa menciptakan kenyamanan para siswa. Sudut baca ini diharapkan akan menjadi oase literasi para penghuni kelas.

Berisi Beragam Koleksi

Beragam koleksi yang menarik seperti fiksi (dongeng, kumpulan cerpen, dan cerita rakyat) dan non fiksi (sains, majalah anak, ensiklopedi), menambah greget para siswa untuk mengunjungi tempat tersebut. Para siswa tampak serius menikmati bacaan di rak yang terusun rapi. Sebagian kelas juga menjalin kerjasama dengan perpustakaan induk dalam memanfaatkan buku-buku untuk menambah variasi koleksi bacaan kelas.

Kreativitas wali kelas membuat inovasi literasi kelas menjadi point berkelanjutan untuk selanjutnya akan mengarahkan siswa mampu menciptakan kreativitas berbagai bidang. Beberapa inovasi yang dikembangkan antara lain terdapatnya buku literasi, bintang literasi kelas, wajib baca , piket literasi, tirai literasi, “the trending topic book” bahkan beberapa guru memanfaatkan aplikasi guna memudahkan sirkulasi peminjaman buku.

Kuncinya Keterlibatan Siswa dan Dukungan Sekolah

Keterlibatan siswa menjadi kunci keberlangsungan sudut baca. Setiap kelas memiliki pengurus sudut baca yang bertugas mengatur semua aktivitas literasi. Seperti bertanggungjawab dalam sirkulasi koleksi, pengisian mading kelas hingga memilihkan koleksi paling menarik dibaca.

Komunikasi wali kelas yang harmonis kepada orangtua, menjadikan pembuatan dan pengelolaan sudut baca ini semakin dinamis. Setiap bulan para mereka mengganti koleksi sesuai kebutuhan anak-anak.

Dukungan pihak sekolah menjadikan kekuatan untuk menggerakkan dan meningkatkan fungsi sudut baca ini. Untuk menambah pengetahuan para walikelas dalam pengelolaan sudut baca ini, sekolah menyelenggarakan workshop manajemen tata kelola sudut baca yang inovatif.

Naaaah itu diaaa lurr....!!!!

And now... Saatnya untuk melihat bagaimana keren dan inspiratifnya sudut baca kelas di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta ini. Yok klik aja di link di bawah ini....




Naaaah... Semoga bermanfaat ya lurr....!!!!!

Post a Comment

0 Comments