Ternyata Keren Tenan Lurr...!! Banyak Hal Baru Yang Kita Dapatkan Dari Seminar Nasional Perpustakaan : Profesionalisme, Lifestyle, Personal Branding Pustakawan dan Tantangan Society 5.0


Bener-bener bedaaa lurrr.... Dengan mengambil tema yang sangat futuristik dan out of the box, yaitu : Profesionalisme, Lifestyle, Personal Branding Pustakawan dan Tantangan Society 5.0, Seminar Nasional Perpustakaan yang diadakan oleh Perpustakaan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta benar-benar memberikan cara pandang baru bagi seorang Pustakawan lurrr... Khususnya Pustakawan Perguruan Tinggi. Opo kuwi?

Sebagaimana yang Pustakawan Jogja sudah sampaikan di postingan sebelumnya, seminar nasional perpustakaan yang menghadirkan Keynote Speaker Dr. Rahma Sugiharti, M.Si. (Dosen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Univesitas Airlangga) benar-benar membuka cara pandang kita sebagai seorang Pustakawan. Dalam pemaparannya, Dr. Rahma Sugiharti, M.Si. ini menyampaikan bahwak Pustakawan harus bersiap diri, dalam menghadapi Era Industri 4.0 yang saat ini sudah berada di tengah-tengah kita. Era di mana informasi dan data berkembang demikian cepat. Internet of Thing atau IoT, Artificial Intelegent atau AI, dan juga Big Data datang di tengah-tengah kehidupan Pustakawan yang notabene sehari-harinya bergelut di bidang ilmu pengetahuan dan informasi.

Jika Pustakawan tidak memiliki semangat belajar dan maju serta beradaptasi di Era Industri 4.0 ini, maka Pustakawan akan tergerus dan tenggelam dalam gelombang disrupsi. Hal ini pula demi menunjang persiapan kita dalam menghadapi Era Society 5.0 di depan mata kita. Era Society 5.0 ini merupakan era baru kehidupan di mana antara masyarakat, AI dan IoT terintegrasi dalam satu kesatuan sistem yang menjadikan setiap fungsi kehidupan menjadi semakin efektif dan efisien. Membayangkan gak gaisss? 10 atau 20 tahun kedepan Pustakawan digantikan robot?

Atau AI menggantikan manusia dan melawan manusia seperti terminator itu? Wow banget kan??




Senada dengan yang disampaikan oleh Dr. Rahma Sugihartati, M.Si., narasumber pertama, yaitu Drs. Ida Fajar P, M.Si., Ph.D. pun memberikan statemen yang senada. Dalam kaitannya materi yang beliau sampaikan, seorang Pustakawan harus mampu memberikan kontribusi terbaiknya pada pekerjaannya sebagai bentuk profesionalismenya. Profesionalisme menurut Prof Ida, adalah selalu meningkatkan kompetensi dirinya dengan segala sesuatu yang terbaru (uptodate). Sehingga dari sisi kompetensi seorang Pustakawan selalu berkembang dan memiliki nilai kebaharuan. Pustakawan bukanlah seorang penjaga akses, tetapi Pustakawan adalah seorang penjaga ilmu pengetahuan dan informasi. Demikian kata beliau.

Selanjutnya pembicara kedua, yaitu Ibu Centaury, S.Ds., M.Sn. memberikan pemaparan tentang cara pandang baru seorang Pustakawan dalam hal trend lifestyle dan fashion bagi Pustakawan. Fashion bukan hanya tentang berpakaian semata. Lebih dari itu, Pustakawan dituntut untuk selalu tampil prima dan menarik di hadapan pemustaka mereka. Sehingga dalam memberikan pelayanan kepada Pemustaka, dengan memiliki penampilan, sikap dan pembawaan yang baik seorang Pustakawan akan memberikan kesan positif dan akan nampak sebagai Pustakawan yang profesional di hadapan Pemustakanya. Hal ini pula lah yang menuntut seorang Pustakawan untuk selalu update dalam hal fashion dan lifestyle dalam konteks yang telah dijelaskan di awal.


Menariknya, dalam seminar nasional kali ini, juga terdapat sesi fashion show atawa peragaan busana dari para mahasiswa-mahasiswi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta. Peragaan busana ini menampilkan beberapa rancangan dari Ibu Centaury, S.Ds., M.Sn. yang bisa digunakan oleh para Pustakawan dalam aktifitasnya sehari-hari di Perpustakaan.




Naaaah demikian lurrrr... Ulasan singkat yang bisa Pustakawan Jogja berikan terkait Seminar Nasional Perpustakaan "Profesionalisme, Lifestyle, Personal Branding Pustakawan dan Tantangan Society 5.0" di UKDW Yogyakarta. Eh iya, di acara seminar kemarin, Pustakawan Jogja bertemu dengan 2 orang sohib unik yang dulu bareng-bareng sekelas pas kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mereka adalah Erin Triyana (jilbab pink) yang saat ini sudah menjadi Pustakawan di STIE YKPN Yogyakarta. Dan juga Amin Widyasni (tengah, jilbab hitam) yang kini menjadi Pustakawan di Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta.


Semoga ulasan ini bermanfaat ya lurr.... Seperti biasa, materinya sudah Pustakawan Jogja siapkan kok... Nanti akan Pustakawan Jogja unggah di blog ini juga. Sooo... Sabar yaaa.... Pantengin terus di blog Pustakawan Jogja ini lurr...!!!

Post a Comment

0 Comments