Kerennya Perpustakaan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Haraki Depok Jawa Barat. Seperti Perpustakaan Sekolah di Luar Negeri Gaesss...!!


Lurrrr... setelah kemarin Pustakawan Jogja "mosting" artikel tentang Lowongan Pustakawan di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Haraki Depok Jawa Barat, menjadikan Pustakawan Jogja kepo banget dengan sekolah ini. Secara, pas Pustakawan Jogja buka-buka pencarian di Google Search terkait dengan SIT Al Haraki ini, di pencarian gambar, muncullah foto-foto Perpustakaan Al Haraki. Dan langsung saja membuat Pustakawan Jogja tertarik. Apa itu?

Yak betul.... Desain Perpustakaan Al Haraki ini teramat menarik lurrr.... Pasalnya, desainnya mirip-mirip dengan desain perpustakaan di sekolah-sekolah yang ada di luar negeri lur.... Dengan desain yang menarik, dinamis, dan tidak monoton seperti kebanyakan perpustakaan sekolah yang ada di Indonesia, menjadikan Perpustakaan Al Haraki ini tampil beda.

Seperti apa tampilan Perpustakaan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Haraki Depok Jawa Barat ini? Lets cekidoootttt here lurr...!!!

Ruang baca didesain lesehan. Rak-rak buku dibuat dengan desain kotak-kotak besar dengan cat putih menjadikan nuansanya dinamis dan bersih. Cat putih ini akan cocok untuk setiap warna pendamping. Selain itu penempatan rak-rak baca yang berada di sisi-sisi ruangan, menjadikan perpustakaan (terlihat) lebih luas. 



Pemberian detil-detil kecil di atas rak-rak baca, seperti foto-foto, lukisan, bendera-bendera kecil, dsb ini menjadikan perpustakaan semakin manis dan apik. Area baca dengan konsep lesehan dengan meja baca dan bantal yang warna-warni menjadikan nuansa dinamis di perpustakaan ini kian terasa.


Di salah satu sudut perpustakaan, terdapat rak kecil dan sederhana untuk menempatkan beberapa pot bunga. Pemberian pot bunga di dalam perpustakaan ini juga bisa menambah kesan asri dan alami di dalam perpustakaan. 

Selain itu bisa juga kita lihat, selain tempat baca lesehan di atas, Perpustakaan Al Haraki ini juga menyediakan meja dan kursi baca yang bentuknya lengkung-lengkung cantik dan diberikan warna-warni yang cerah ceria pula.




Nuansa nasionalisme di Perpustakaan Al Haraki ini kian terasa dengan adanya foto-foto presiden RI lengkap dari yang pertama, Ir. Soekarno hingga yang terkini (bukan terahir yaaa... hehehee...) yaitu Ir. Joko Widodo. Eh, ada juga tuh lampu-lampu gantung cantik yang bisa jadi inspirasi buat perpustakaan kalian. 


Selain itu semua, yang menarik juga dari Perpustakaan Al Haraki ini adalah tentang pencahayaan ruang. Dengan menganut desain "terbuka" dengan dinding-dinding full kaca bening, menjadikan cahaya luar dengan mudah masuk ke dalam ruang perpustakaan. Penggunaan dinding kaca bening pada dinding perpustakaan ini setidaknya memiliki dua keuntungan. Pertama menjadikan ruangan terang dengan pencahayaan dari lampu yang minimal, sehingga ini akan bisa menghemat pengeluaran biaya energi listrik. Yang kedua, dengan penggunaan dinding kaca bening di perpustakaan ini, menjadikan perpustakaan (terkesan) lebih luas. Sehingga pemustaka dan pustakawan di dalamnya akan sangat nyaman dan merasa longgar. Utamanya bagi para pemustaka / pustakawan yang punya permasalahan Claustrophobia. 


Naaaah itu tadi lurr....!!! Keren kan perpustakaan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Haraki Depok Jawa Barat. Jika tertarik untuk mengunjungi, bisa tuh kunjungi :

AL HARAKI – SEKOLAH ISLAM TERPADU

  • Jl. Belimbing III No. 1 - 2, Pancoran Mas, Depok - Jawa Barat - INDONESIA 
  • PS & SD : 7777008 | SMP : 77206440 
  • info@alharaki.sch.id
  • https://alharaki.sch.id/

Semoga bermanfaat yaaaa lurrr.... ^^

Post a Comment

1 Comments