Bingung Mau Bikin Kegiatan Festival Literasi Sekolah? Niihhhh Dia Beragam Contoh Kegiatan Lomba Literasi Sekolah Yang Mudah Dilakukan. Simak Gaes!


Gaes.. Beberapa waktu yang lalu Pustakawan Jogja mendapatkan, eh lebih tepatnya membaca ding. Membaca obrolan yang cukup menarik di WAG ATPUSI Raya. Di obrolan tersebut terdapat salah satu member yang melontarkan pertanyaan yang sebenarnya simpel, tetapi belum tentu semua pustakawan sekolah tahu jawabannya. Dan Pustakawan Jogja pun yakin tidak hanya beliau ini yang belum tahu, di luar sanaaaaaa pasti banyak juga para Pustakawan yang belum tahu tentang hal ini.

Apakah itu?

Yak betul...! Itu adalah tentang kegiatan literasi sekolah. Banyak pustakawan yang bingung tentang bagaimana to sebenernya penerapan kegiatan literasi di sekolah? Tentu saja untuk lebih menarik dalam giat gerakan literasi sekolah ini, Pustakawan sekolah kudu bisa berkreasi dan berinovasi dengan sekreatif dan seinovatif mungkin.

Nah.. Kali ini Pustakawan Jogja akan memberikan beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan untuk menggiatkan gerakan literasi sekolah ini. Salah satu cara untuk bisa menggiatkan gerakan literasi sekolah adalah dengan mengadakan lomba-lomba. Berikut ini adalah beberapa contoh lomba Literasi Sekolah yang bisa teman-teman adakan di sekolah masing-masing..

Cekidoooot....!

Lomba yang sifatnya kelompok :
  1. Lomba Membuat Mading (Majalah Dinding)
  2. Lomba Pojok Literasi (Perpustakaan Kelas) antar kelas 

Lomba yang perseorangan/individual:
  1. Lomba Bercerita/Berkisah/Story Telling
  2. Lomba Menulis Cerpen (Cerita Pendek) 
  3. Lomba Menulis Artikel 
  4. Lomba Resensi 
  5. Lomba Baca Puisi 
  6. Lomba Membuat Poster Ajakan Membaca 
Selain itu, tidak hanya diisi dengan lomba-lomba gaes... Kegiatannya ditambah dengan beberapa acara semacam talk show dan workshop. Mengundang penulis, ilustrator. Dan bisa diadakan sesi reading oleh penulis.

Lebih keren lagi, jika pada kegiatan Festival Literasi ini nantinya, dibuat konsepnya seperti toko swalayan. Pengunjung dibiarkan untuk memilih, sesi apa yang cocok untuk mereka. Harapannya sepulang dari kegiatan Festival Literasi ini, peserta mendapatkan pengetahuan tambahan. Bisa ditiru konsepnya UWRF (Ubud Writers and Readers Festival). Itu acara tahunan di Ubud, Bali. Atau bisa meniru pula konsepnya JILF (Jakarta International Literary Festival).

Dan untuk kegiatan lomba ini, jangan cuma diberi nama lomba mading, lomba cerpen, dan bla bla bla sebagainya itu. Kurang keren gaesss.... Nah untuk lebih kerennya, bisa diberikan nama kegiatan : FESTIVAL LITERASI SEKOLAH ........ 2019 

Bagian titik-titik ..... itu bisa dulur-dulur isi dengan nama sekolah masing-masing.

Oke gaes...? Gitu dulu yaaa.... Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Jika ada yang punya ide-ide atau pendapat lain, silahkan ditambahkan di kolom komentar yaaa... Biar temen-temen yang lain juga merasakan manfaatnyaa....

Baca juga :

Post a Comment

0 Comments