Negara Dengan Jumlah Perpustakaan Terbanyak di Dunia. Indonesia Melejit!! Ngalahin Rusia dan Cina Lurrrrr..! Jozz Tenan..!!!!


Jaaaaan keren tenan lurrrr... Dalam beberapa hal (barangkali) kita boleh kalah dengan negara lain (dalam hal sepak bola misalnya... Heheheee...). Tapi dalam banyak hal lain, Indonesia kita ini bener-bener keren dan tidak mau kalah, bahkan bisa melampaui negara-negara lain di dunia lurr...! Salah satunya adalah ini niiiih....

Negara dengan jumlah perpustakaan terbanyak di dunia. Tanpa dinyana tanpa disangka, Indonesia melejit, ngalahin Rusia dan Cina lurr... Padahal kita tahu, kedua negara ini adalah negara-negara super dengan jumlah penduduk yang juga luar biasa besaaaaarr...!

Dari informasi berupa infografis dari Perpustakaan Nasional RI yang Pustakawan Jogja dapatkan, bisa kita lihat bahwa terdapat the Big 4 negara dengan jumlah perpustakaan terbesar di dunia. Dan Indonesia masuk ke peringkat kedua mengalahkan Rusia dan Cina lur... Indonesia hanya sedikit kalah dari negerinya Pak Lek Shah Rukh Khan alias India itu. ^^

Ini rinciannya lurrr...!!!

NEGARA DAN JUMLAH PERPUSTAKAAN

  1. India : 323.605
  2. INDONESIA : 164.610
  3. Rusia : 113.440
  4. Cina : 105.831


Untuk negara kita ini, jumlah rinciannya pun lebih membanggakan lagi. Dari total perpustakaan sebanyak 164.610 perpustakaan itu, ada sebanyak 42.460 (25,79%) Perpustakaan Umum. Untuk Perpustakaan Perguruan Tinggi, ada sebanyak 6.552 (3,98%). Perpustakaan khusus sebanyak 2.057 (1,25%) dan perpustakaan sekolah adalah yang terbesar... mencapai 113.541 (68,98%).

Jozzzz tenan lurrr...!! Ayok kita dukung terus gerakan minat baca dan "ngurip-nguripi" perpustakaan di negara kita ini lur...!

Post a Comment

0 Comments