Hari Pustakawan Indonesia : Hanya Hasil Imajinasi Semata (?)


Sebenernya ini tulisan ujug-ujug. Mak jegagik kalau orang Jogja bilang. Tiba-tiba saja tergelitik buat nulis tentang ini saat di WAG Pustakawan Blogger, salah satu pustakawan blogger kawakan kita, Mas Purwoko yang (seperti biasa) melemparkan grenengannya tentang Hari Pustakawan Indonesia.

Mas Purwoko ini tiba-tiba melemparkan pertanyaan yang menggelitik, "Janjanya, hari pustakawan itu ada ndak, tho?"

Naaaah lhoooo... Memang tadi pagi Pustakawan Jogja sendiri melihat banyak temen-temen yang nyetatus di story WA. Banyak di antara mereka yang mengunggah gambar "Selamat Hari Pustakawan". (Seakan) Menandakan memang Hari Pustakawan itu ada.

Tapi benarkah Hari Pustakawan itu ada? Atau hanya sekedar hasil imajinasi semata?

Menarik sekali. Hingga saya pun (lagi-lagi) terpaksa ngetik juga di Gugel tentang Hari Pustakawan ini. Dan memang ada beberapa artikel tentang (yang mereka klaim) Hari Pustakawan. Dan lucunya, terjadi pertentangan aka kontradiksi di antara artikel-artikel ini, baik dalam pemilihan tanggal peringata Hari Pustakawan, hingga sampai kepada alasan adanya Hari Pustakawan ini. Seperti bisa kita lihat di artikel dari Website Perpustakaan UIN Alaudin Makassar yang berjudul REFLEKSI HARI PUSTAKAWAN 6 JULIDi tulisan tersebut Hari Pustakawan di-pas-kan dengan tanggal 6 Juli.

Lain lagi jika kita membaca unggahan di akun IG IMASIP (Ikatan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan) Universitas Indonesia yang menyebutkan bahwa hari Pustakawan jatuh pada tanggal 7 Juli. Dalam unggahannya mereka menyebutkan bahwa : Tanggal 7 Juli yang merupakan hari pustakawan ini bertepatan dengan hari lahir Kepala Perpusnas RI yang pertama, (Almh.) Mastini Hardjoprakoso, yang telah berkontribusi begitu besar bagi kemajuan perpustakaan dan kepustakawanan di Indonesia.

Lain lagi jika kita membuka artikel yang berjudul Hari Pustakawan Indonesia dari websit Perpustakaan Prov Kaltim. Di sana bahkan tidak dengan jelas disebutkan tanggal berapa hari Pustakawan Indonesia itu. Hanya dipaparkan sejarah (singkat) berdirinya IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia).

Dan ini yang mengejutkan! Ternyata di website Perpustakaan Nasional RI sendiripun, TIDAK ADA yang namanya Hari Pustakawan Indonesia! Ini bisa dilihat di sini (Hari Penting - Klik)

Jika kita berkaca pada Hari Guru, Hari Guru Nasional ternyata telah dicetuskan sejak tahun 1994 sesuai dengan Keputusan Presiden. Berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan juga di UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI.

Setahu saya pribadi, hingga saat ini belum ada payung hukum tentang Hari Pustakawan Indonesia sebagaimana peringatan Hari Guru itu.

Naaah jika sudah begini, masihkan kita beranggapan Hari Pustakawan Indonesia itu ada? Apakah Hari Pustakawan Indonesia ini hanya hasil imajinasi semata?

Sudut Utara Yogyakarta
Menjelang Senja
8 Juli 2019

Post a Comment

0 Comments