Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta Adakan Diskusi Komunitas "Pemanfaatan Media Sosial untuk Sinergitas Perpustakaan". Sekaligus Launching PENTA DA SILFA. Penarasan?


Hari Kamis, 18 April 2019, sehari pasca perhelatan pesta demokrasi di negeri kita ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta pun tak mau kalah. DPK Kota Jogja ini mengadakan kegiatan Diskusi Komunitas dengan tema "Pemanfaatan Media Sosial untuk Sinergitas Perpustakaan" sekaligus launching program baru mereka yang dinamakan PENTA DA SILFA. Kegiatan ini bertempat di Laboratorium Serbaguna (Labser) SMPN 5 Yogyakarta

Diskusi komunitas ini menghadirkan langsung 3 orang narasumber, mereka adalah Bapak Arsidi  (Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta), Mas Syaiful Cahyadi (GPMB Kab Sleman), dan tentu saja...... Mas Teguh Prasetyo Utomo (Pustakawan UII, Founder Pustakawan Jogja).


Ketiga narasumber ini menyampaikan materi-materi yang berbeda, yaitu :

  • Mas Arsidi : Sinergitas Antar Perpustakaan
  • Mas Syaiful : Peran Medsos Bagi Perpustakaan
  • Mas Teguh : Membangun Perpustakaan Sinergitas Berbasis Medsos

**Untuk materinya... Nyusul yaaaaa... Akan segera Pustakawan Jogja unggah di blog ini

Acara ini mengundang perwakilan pengelolaa perpustakaan sekolah tingkat SD/MI, SMP/MTs yang tergabung dalam Asosiasi Pengelolaa Perpustakaan Sekolah Indonesia Kota Yogyakarta (ATPUSI) sebanyak 40 orang, serta pengelola perpustakaan khusus/instansi di wilayah Kota Yogyakarta. Serta pustakawan dari DPK Kota Jogja sendiri sebanyak sekitar 15 orang.

Selain itu, bersamaan dengan ini pula DPK Kota Jogja pun melaunching salah satu layanan kreatif terbaru dari DPK Kota Jogja yang bernama : PENTA DA SILFA atau Pendampingan Pustakawan kepada Instansi untuk Menjadikan Literasi sebagai Salah Satu Fasilitasnya.

Inovasi ini merupakan kegiatan pendampingan oleh pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta guna meningkatkan pengelolaan perpustakaan sekolah dan perpustakaan khusus/instansi di wilayah Kota Yogyakarta. 



Semoga dari kegiatan ini, bisa memberikan manfaat yang lebih banyak untuk perpustakaan-perpustakaan di Kota Yogyakarta tercinta ini. Salam! ^_^

Post a Comment

2 Comments

  1. Mbak, saya mau tanya. Apakah melamar pustakawan di dinas perpustakaan melalui seleksi CPNS ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tenaga perpustakaan di Dinas Perpustakaan Kota Jogja, ada yang melalui mekanisme rekrutmen CPNS, ada yang melalui outsorcing.

      Delete