SE Mendagri Tentang Penguatan Perpustakaan. Prof Ida Fajar : Saya Coba Masukkan di Rancangan BAPPEDA untuk Perpustakaan Sekolah


Haloooo dulur-dulur semuaaaa... Naaaah sudah tahu apa belum, bahwa beberapa waktu yang lalu Meneteri Dalam Negeri (Mendagri) Bapak Tjahyo Kumolo mengeluarkan Surat Edaran (SE) tertanggal 4 Maret 2019 bernomor 040/2005/SJ tentang Dukungan Penguatan Kelembagaan Perpustakaan. SE ini ditujukan kepada seluruh Gubernur Kepala Daerah Provinsi se-Indonesia.

Sudah punya SE nya belum Lur? Niiiih... Jika belum, monggo unduh di sini...

Terkait SE tersebut, tadi malam (17/03/19) Prof. Ida Fajar Priyanto, Ph.D. (Dosen Pascasarjana UGM) yang juga saat ini berposisi sebagai pembina ATPUSI DIY mengunggah SE tersebut ke grup WA ATPUSI DIY.

Tentu saja ini menarik. Setelah Pustakawan Jogja cermati, ada satu hal yang cukup menggelitik dan menjadi pertanyaan di benak Pustakawan Jogja. Hal tersebut adalah......

Prof... mau tanya, untuk SE ini, apakah ada imbas secara langsung ke perpustakaan sekolah dan Pustakawan sekolah?
Karena setelah saya baca, pertama yang terlintas di benak saya, SE ini ditujukan untuk Perpustakaan2 daerah di provinsi dan kabupaten/kota.


Naaah itu lah yang mengganjal di hati Pustakawan Jogja waktu membaca SE tersebut dan langsung saja via Grup WA ATPUSI, Pustakawan Jogja tanyakan ke beliau Prof. Ida.

Dan jawaban beliau adalah ......

Nanti saya coba masukkan di rancangan bappeda untuk perpustakaan sekolahnya.

Mohon.masukan kawan kawan atpusi juga untuk rancangan pengembangan perpustakaan sekolah biar saya tidak lupa memasukkan di perencanaan bappeda diy.


Naaah ini yang yang bikin mak nyeessss lurrrr.... tentu saja jika (dengan berdasarkan SE tersebut tadi), hal-hal terkait penguatan perpustakaan sekolah dan tenaga pengelolanya berhasil masuk ke dalam rancangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), maka kita bisa berharap banyak bahwa kondisi perpustakaan sekolah dan tenaga perpustakaan sekolah di DIY akan semakin baik.

Dan seperti yang Prof Ida sampaikan, bahwa beliau butuh masukan-masukan dari kita semua untuk mengingatkan beliau akan hal-hal apa saja yang selama ini menjadi pokok permasalahan utama di dunia perpustakaan dan kepustakawanan sekolah. Monggo... Silahkan dulur-dulur kawal SE ini dan berikan masukan. Bisa langsung ke beliau, atau bisa juga melalui ATPUSI DIY. ^_^


Salam. ^_^

Post a Comment

2 Comments

  1. Terima kasih min. Semoga perpustakaan/pustakawan sekolah dapat diperhatikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.... Insyaallah perpustakaan sekolah kita akan semakin baik. Yok kita sengkuyung bareng2... Biar perpustakaan dan pustakawan sekolah semakin baik. ^_^

      Delete