[Opini Pustakawan] Menyambut Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2019


Perpustakaan Nasional RI kembali mengadakan hajatan besar, yaitu Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2019. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Rakornas ini akan diadakan di Hotel Bidakara Jakarta, 13 – 16 Maret 2019 nanti. Dengan mengambil tema besar “Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” kegiatan ini akan mengundang sekitar 2000 orang penggiat dunia perpustakaan. Mulai dari kalangan para birokrat lintas lembaga, akademisi (dosen Ilmu Perpustakaan), hingga para praktisi pengelola perpustakaan (pustakawan), yaitu pustakawan perpustakaan umum, pustakawan perpustakaan khusus, pustakawan perpustakaan perguruan tinggi, dan pustakawan perpustakaan sekolah.

Kegiatan Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2019 ini nantinya akan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo, SH. Selain itu, beberapa Menteri lain pun direncanakan akan turut hadir pula di acara Rakornas Bidang Perpustakaan ini, di antaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Muhadjir Effendy; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo; Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri PPN/Bappenas Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro. Dan tidak ketinggalan pula Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab juga akan turut hadir di acara ini.

Selain itu perlu juga kita ketahui bahwa dalam Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2019 setidaknya akan ada 12 isu strategis yang akan dibahas, yaitu : (1) Tranformasi Layanan Inklusi Berbasis Sosial (2) Penguatan literasi berbasis keluarga dan masyarakat untuk kesejahteraan (3) Pembangunan perpustakaan desa sebagai pusat literasi desa (4) Eksistensi dan peran perpustakaan khusus di era disruptif – revolusi industry 4.0 menuju new society 5.0 (5) Perpustakaan khusus dalam implementasi knowledge management lembaga (6) Peningkatan kompetensi SDM Perpustakaan Khusus (7) Perpustakaan sekolah menjadi pusat gerakan literasi sekolah (8) Sinergitas guru dan pustakawan di sekolah (9) Penguatan peran pustakawan dalam gerakan literasi sekolah (10) Optimalisasi kerjasama dan pemanfaatan e-Resources Perpustakaan Nasional (11) Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi sebagai bagian dari Akreditasi Perguruan Tinggi (12) Peningkatan Kompetensi SDM Literasi Informasi di Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Dari tema besar dan 12 isu strategis yang akan dibahas dalam Rakornas Bidang Perpustakaan 2019 ini setidaknya kita bisa berharap, seperti yang dikatakan oleh Ibu Sri Rumani, SH., SIP., MSi. (2018) bahwa momentum Rakornas Bidang Perpustakaan ini bisa menjadi titik pijak untuk mengkoordinasikan, menyelesaikan beragam persoalan yang berkaitan dengan perpustakaan dan profesi pustakawan, dan menghasilkan rekomendasi untuk ditaati dan menjadi pedoman menuju perpustakaan era baru yang berubah dengan cepat dan pesat. Karena perpustakaan yang tidak cepat berubah, stagnan, dimotori oleh pustakawan yang pasif pasti ditinggal pemustaka.

Akhirnya, selamat dan sukses untuk acara Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2019. Semoga perpustakaan dan pustakawan di Indonesia semakin jaya. Salam Literasi..!

Teguh Prasetyo Utomo
Pengurus Pusat ATPUSI
(Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia)

Post a Comment

0 Comments