Perpustakaan Masjid Al Munawaroh Timoho Yogyakarta. Lumayan, Tapi Butuh Perhatian.


Halo kang mas dan mbak yu semuaaaa.... Kemarin Pustakawan Jogja jalan-jalan muter-muter Kota Jogja sama istri tercinta. ^_^ Ke mana? Ke BMT BRS mencari dana segar alias ambil gaji bulanan. Hehehee...

Dan pas waktu dhuhur, Pustakawan Jogja ahirnya mbelok ke salah satu masjid di jalan Timoho. Tepatnya di Masjid Al-Munawaroh, depan kampus Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) APMD Yogyakarta. Daaaan... sesampainya di sana, Pustakawan Jogja melihat sesuatu yang menarik. Apa itu?

Yak betul. PERPUSTAKAAN...!

Eh, Perpustakaan? Betul... Masjid Al-Munawaroh ini ternyata memiliki sebuah perpustakaan. Perpustakaan ini memiliki nama seperti nama masjidnya, yaitu : Perpustakaan Masjid Al-Munawaroh.

Perpustakaan Masjid Al-Munawaroh ini sangat mudah ditemukan. Begitu masuk ke komplek masjid, kemudian arahkan pandangan ke sisi timur serambi masjid. Maka di sudut kanan sebelah timur serambi Masjid Al-Munawaroh akan kang mas dan mbak yu temukan perpustakaan ini.

Perpustakaan ini cukup sederhana. Hanya berupa sebuah rak buku, kemudian terdapat sebuah karpet yang bisa digunakan untuk membaca dengan duduk lesehan.

Rak ini tidak hanya diisi buku. Di rak ini juga terdapat sejumlah piala dari beberapa lomba/kejuaraan yang diraih Masjid Al-Munawaroh. Di rak tersebut, dengan jelas tertempel peraturan perpustakaan, yaitu :

Peraturan Masjid Al-Munawaroh

  1. Tidak diperkenankan membawa pulang koleksi buku
  2. Mengembalikan buku di tempat semula dan dan ditata rapi
  3. Silahkan membaca koleksi buku di wilayah Masjid Al-Munawaroh
Takmir
Masjid Al-Munawaroh


Koleksi perpustakaan ini sebenarnya cukup beragam. Ada buku-buku keislaman (yang memiliki porsi terbesar di perpustakaan ini) juga ada buku-buku umum, seperti yang bisa njenengan lihat di gambar-gambar di bawah ini. meskipun demikian, dari segi kuantitas Pustakawan Jogja menilai masih sangat kurang. Pustakawan Jogja memperkirakan jumlah bukunya tidak sampai 200-an eksemplar. Dan banyak di antara buku-buku ini adalah buku-buku lama.

Dan Pustakawan Jogja lihat, perpustakaan ini juga sepi dari kunjungan. Meskipun jamaah di masjid ini sangat banyak, sepengamatan Pustakawan Jogja pas di sana, tidak ada satupun yang mendatangi perpustakaan ini. Ini bisa kita maklumi, karena memang dari segi koleksi pun Pustakawan Jogja rasa kurang memadai.

Dan... Yok bagi temen-temen di Jogja dan sekitarnya, monggo datang ke masjid ini. Kunjungi perpustakaannya, dan syukur-syukur jika punya satu dua buku yang sudah selesai dibaca, dan masih layak baca, silahkan diwakafkan untuk Perpustakaan Masjid Al-Munawaroh ini. Agar koleksinya terus berkembang dan beragam.




Perpustakaan Masjid Al-Munawaroh
  • Alamat : Komplek Masjid Al-Munawaroh - Jl. Timoho, Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DIY
  • Kode Pos : 55225
  • Google Map : Masjid Al Munawaroh (Klik)


 














Semoga bermanfaat yaaaaa.... ^_^

Post a Comment

0 Comments